Harga Minyak Mentah Sesi Eropa 20 Februari Mixed

489

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak mentah pada perdagangan pasar komoditi internasional sesi Eropa hari Selasa (20/02) bergerak mixed dengan harga minyak mentah WTI naik dan minyak jenis Brent menurun. Minyak WTI dipengaruhi oleh seputar pasokan minyak AS sedangkan minyak Brent dipengaruhi oleh pergerakan dollar AS yang meningkat.

Harga Minyak mentah berjangka AS  WTI berada di $ 61,84 per barel, naik 21 sen atau 0,34 persen. Kenaikan harga minyak WTI oleh berkurangnya pasokan minyak dari Canada ke AS pasca berkurangnya jalur pipa karena kebocoran.

Sedangkan harga minyak mentah Brent turun selain bursa saham Asia melemah juga kekuatan dolar AS yang lebih kuat  yang berpotensi menghambat permintaan karena membuat harga minyak mentah jadi lebih mahal untuk negara-negara yang menggunakan mata uang lain di dalam negeri.

Terpantau harga minyak mentah Brent turun 19 sen atau 0,3 persen yang  berada di $ 65,48 per barel. Namun secara keseluruhan, pasar minyak tetap didukung dengan baik karena adanya pembatasan pasokan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang dimulai tahun lalu untuk menarik persediaan globa yang  berlebih.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here