Bursa Asia 21 Februari Bergerak Hiraukan Arahan Wall Street

433

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham Asia hari Rabu (21/02) dibuka menguat menghiraukan sentimen negatif dari perdagangan bursa saham Wall Street semalam pada sesi Amerika. Namun setelah perdagangan berlangsung beberapa indeks kembali masuk zona merah. Pergerakan indeks pagi ini terpantau dipengaruhi oleh sentimen regional, seperti asx 200 yang kini bergerak merah akibat laporan keuangan perusahaan yang tidak diharapkan.

Setelah dibuka positif, indeks acuan Jepang Nikkei 225 masih tetap bergerak rebound dengan kenaikan 0,26% atau 55,94 pin ke posisi 21981,04. Rebound nikkei mendapat pijakan dari pelemahan kurs yen Jepang. Selain itu penguatan saham didominasi oleh sektor manufaktur.

Indeks Kospi terpantau dibuka melemah namun sempat bergerak positif, lalu merah kembali yang didominasi saham-saham produsen baja seperti saham Posco dan Hyundai pasca pemerintah Korea Selatan mengajukan keluhan kepada Organisasi Perdagangan Dunia atas kebijakan bisnis baja di AS. Indeks Kospi turun 0.03% atau 0,63 ke posisi 2414.49.

Demikian juga dengan bursa Australia, indeks  ASX 200 bergerak flat oleh sentimen penantian laporan keuangan perusahaan terdaftar. Beberapa perusahaan besar yang sahamnya menjadi unggulan di bursa melaporkan keuangan yang kurang mengesankan sehingga anjlok dan menekan indeks. Indeks ASX 200 bergerak naik tipis 0.01% atau 0.80 ke posisi 5941.70 .

Perdagangan bursa saham AS di Wall Street semalam menunjukkan  Dow Jones turun 1,01 persen, atau 254,63 poin, menghentikan penurunan beruntun enam hari. Turunnya saham-saham dalam indeks tersebut dipicu oleh turunnya laporan keuangan perusahaan sektor ritel yang baru dilaporkan.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here