Bursa Eropa Cerah Kembali oleh Kekuatan Saham Teknologi

411

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham Eropa awal pekan hari Senin (26/02) bergerak ceria merespon suramnya sentimen kehawatiran kenaikan suku bunga lanjutan Fed selain pasar masih menunggu  pemungutan suara SPD untuk bergabungnya  pemerintah koalisi Jerman dengan Angela Merkel. Selain itu pasar juga menerima sunttikan dari kuatnya kurs kawasan Eropa.

Indeks pan-European Stoxx Europe 600 naik setengah persen pada 383,05  setelah naik 0,2 persen pada akhir perdagangan pekan lalu. Lalu perdagangan saham Jerman dengan indeks DAX naik sekitar 0,6 persen, demikian juga dengan bursa saham Perancis menguat dengan indeks CAC 40 juga naik sekitar 0,6 persen. Untuk perdagangan bursa saham Inggris juga menhijau dengan  FTSE 100  naik 0,4 persen.

Analyst Vibiz Research Center melihat mayoritas indeks bursa kawasan Eropa diperkuat oleh saham-saham teknologi seperti saham Ericsson menguat 2,5 persen dan Nokia menguat 2,3 persen setelah laporan bahwa peluncuran 5G kemungkinan akan berlangsung setahun lebih cepat dari jadwal.

Saham-saham utama lainnya yang menghijau dan memberi support indeks seperti saham produsen mobil Jerman Volkswagen naik 1,5 persen setelah laporan keuangan perusahaan tahun 2017 menunjukkan keuntungan yang lumayan.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here