Pasar Global Menantikan Hasil Pemilihan Perdana Menteri Italia

506

(Vibiznews – Economy) Pengamat pasar dan politisi asing mengamati perkembangan di Italia dengan saksama, di mana para pemilih akan memilih perdana menteri baru dan parlemen pada tanggal 4 Maret.

Hasil pemungutan suara bisa memicu kegelisahan di kalangan Eropa dalam menghadapi meningkatnya dukungan terhadap populisme pada saat ekonomi Italia berada pada titik kritis.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa pemilihan tersebut tidak akan menghasilkan mayoritas pemerintah dan partai politik harus membentuk aliansi untuk memerintah.

Inilah kandidat utama dalam pemilihan Italia dan mitra koalisi mereka.

Matteo Renzi

Pemimpin Partai Demokrat kiri-tengah, dan mantan perdana menteri, berusaha untuk kembali berkuasa. Dia mengundurkan diri dari pemerintahan kembali pada 2016 setelah pemilih menolak perubahannya terhadap konstitusi. Sejak saat itu, pemerintah yang berhaluan kiri dipimpin oleh Perdana Menteri Paolo Gentiloni.

Emma Bonino

Dia adalah kepala partai liberal Piu ‘Europa dan mantan menteri urusan luar negeri. Setelah lebih dari 40 tahun berpolitik, Emma Bonino adalah salah satu politisi wanita paling terkenal di Italia.

Luigi di Maio

Yang termuda dari semua pesaing, Luigi di Maio memimpin Gerakan Bintang Lima yang populis dan anti-pembentukan (M5S) yang didirikan oleh komedian Beppe Grillo.

Maio telah melunakkan sikap partai terhadap Eropa namun tetap menuntut kesepakatan dengan Eropa untuk mereformasi kebijakan fiskal.

Partainya belum masuk koalisi apapun tapi dia mengatakan kepada CNBC bahwa dia akan bersedia untuk bernegosiasi dengan pihak lain jika pemungutan suara tersebut tidak memberikan mayoritas yang jelas kepada salah satu pihak.

Silvio Berlusconi

Silvio Berlusconi telah menjadi perdana menteri Italia tiga kali. Meskipun ada serangkaian skandal seks dan keyakinan penipuan pajak, mogul media berusia 81 tahun sekali lagi berada di tahap tengah politik Italia dan dapat memiliki peran penting dalam pemilihan umum yang akan datang.

Dia tidak bisa menjadi perdana menteri setelah dilarang memegang jabatan publik selama enam tahun karena kecurangan pajak, meski dia mengajukan banding atas keputusan tersebut. Tapi sebagai pemimpin Forza Italia, jajak pendapat menunjukkan bahwa ia bisa mendapatkan lebih banyak suara daripada Renzi dan berpotensi lebih banyak daripada Gerakan Bintang Lima juga.

Partainya telah bergabung dengan tiga partai lainnya – Liga Utara, Brothers Italia dan Kami bersama Italia – meningkatkan peluangnya untuk memenangkan mayoritas.

Giorgia Meloni

Meloni adalah pemimpin Brothers of Italy – partai sayap kanan dan eurokeptik. Dia adalah menteri pemuda di salah satu pemerintahan Berlusconi. Dia menjalankan koalisi sayap kanan empat partai tersebut di atas.

Matteo Salvini

Politisi Italia tersebut telah menjadi anggota Parlemen Eropa sejak 2004 dan menjadi pemimpin Liga Utara sejak Desember 2013. Lega Nord juga merupakan partai populis dan eurokeptik, juga berjalan dengan partai Berlusconi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here