Optimisme Ekonomi Zona Eropa Turun Terendah 3 Bulan

344

(Vibiznews – Economy & Business) Keyakinan ekonomi zona Eropa turun ke level terendah 3 bulan di bulan Februari, demikian data survei dari Komisi Eropa (UE) yang dirilis hari Selasa (27/02).

Sekelipun mereda, keyakinan ekonomi di zona Eropa tetap berada pada level “historis meningkat”, terutama di antara penyedia layanan, menurut Komisi Eropa.

Indeks sentimen ekonomi turun menjadi 114,1 di bulan Februari dari 114,9 di bulan sebelumnya. Ini merupakan yang terendah sejak November lalu namun sedikit di atas nilai yang diharapkan 114.

Penurunan indikator kawasan Eropa akibat penurunan di semua sektor kecuali untuk layanan, survei menunjukkan.

Indeks kepercayaan konsumen turun menjadi 0,1 dari 1,4 sebulan yang lalu. Skor tersebut sesuai dengan perkiraan flash.

Indeks sentimen industri masuk pada level 8.0, seperti yang diharapkan, namun turun dari 9,0 di bulan Januari. Indeks sentimen untuk perdagangan ritel turun menjadi 4,3 dari 5,2.

Sementara indeks kepercayaan layanan naik menjadi 17,5 dari 16,8 di bulan sebelumnya.

Laporan lain dari UE menunjukkan bahwa indeks kepercayaan bisnis turun menjadi 1,48 di bulan Februari dari 1,56 bulan yang lalu.

Penilaian manajer terhadap buku pesanan produksi dan ekspor yang lalu sedikit menurun, sementara ekspektasi produksi mereka memburuk secara signifikan. Sementara itu, penilaian manajer terhadap persediaan produk jadi dan keseluruhan pesanan buku tetap tidak berubah.

Salah satu pengecualian untuk penurunan kepercayaan umum adalah Italia, yang merupakan satu-satunya negara yang melaporkan peningkatan keseluruhan dalam sentimen ekonomi, terlepas dari ketidakpastian yang tercipta dari pemilihan yang akan datang.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here