Harga Karet Tocom Akhir Pekan Tertekan Penguatan Yen

415

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet berjangka Jepang  di  bursa komoditas Tocom akhir perdagangan pekan ini pada hari Jumat (02/03) yang  dibuka lebih rendah  dari akhir perdagangan sebelumnya berakhir negatif. Penurunan harga karet tersebut dipicu oleh lemahnya perdagangan saham Nikkei pasca kuatnya nilai kurs yen Jepang terhadap dollar AS.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak bulan Juli 2018 akhir perdagangan  hari Jumat ditutup pada posisi 192,2  yen setelah dibuka pada posisi 190,9 yen dan sempat terjun ke posisi 188,6 yang merupakan posisi harga terendah selama 5 hari terakhir.

Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan harga karet Tocom pada akhir perdagangan pekan ini  dipicu oleh anjloknya harga minyak mentah selama 4 hari terakhir  dan anjloknya dollar AS pasca pengumuman tarif impor baja dan aluminium oleh pemerintah Donald Trump.

Terpantau nilai mata uang Yen Jepang bergerak kuat hinga akhir sesi Asia hari ini, naik 0,34 persen atau 0,36 pada 105.86 setelah dibuka pada posisi 106,21 yen dan sempat tertekan ke 106.28 yen. Demikian juga harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate sedang  berada di jalur untuk penurunan 4 persen minggu ini, penurunan mingguan pertama dalam tiga pekan terakhir.

Jul Allens, Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here