Alasan Harga Karet Tocom Tetap Naik Sekalipun Yen Kuat

333

(Vibiznews – Commodity) – Diakhir perdagangan karet berjangka awal pekan di  bursa komoditas Tocom Jepang hari Senin (05/03), harga karet  yang  dibuka lebih rendah  dari akhir perdagangan sebelumnya berakhir positif. Kenaikan harga karet tersebut hiraukan sentimen yang menekan perdagangan karet seperti tingginya yen Jepang dan penurunan harga minyak mentah.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak bulan Agustus 2018 akhir perdagangan  hari Senin  ditutup pada posisi 193,9  yen setelah dibuka pada posisi 190,2 yen dan sempat tinggi ke posisi 188,6 yang merupakan posisi harga tertinggi sepanjang tahun 2018.

Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan harga karet Tocom pada awal perdagangan pekan ini  dipicu oleh berlanjutnya aksi bargain hunting akhir pekan yang diangkat oleh kenaikan awal harga minyak mentah.

Terpantau nilai mata uang Yen Jepang bergerak kuat hinga akhir sesi Asia hari ini, naik 0,35 persen atau 0,36 pada 105.35 setelah dibuka pada posisi 105,52 yen dan sempat tertekan ke 105.66 yen. Demikian juga harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate sedang  masih berada di jalur untuk penurunan 4 persen secara mingguan, namun akhiri sesi Asia dengan penguatan 90,24% menjadi $61.51 per barel.

Jul Allens, Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here