Arab Saudi Pangkas Harga Minyak Mentah Ringan Untuk Pasar Asia

379

(Vibiznews – Commodity) Arab Saudi memangkas harga untuk minyak mentah ringan Arab ke Asia untuk pertama kalinya dalam delapan bulan, sebuah pertanda bahwa eksportir minyak terbesar di dunia berjuang keras untuk penjualan di pasar terbesarnya.

Minyak milik negara Arab Saudi Oil Co menurunkan harga jual resminya untuk minyak mentah Arab Light untuk pengiriman April sebesar 55 sen menjadi $ 1,10 per barel lebih banyak daripada patokan Timur Tengah, kata perusahaan tersebut Senin dalam sebuah pernyataan email. Ini adalah potongan pertama sejak Agustus.

Aramco menaikkan harga Januari menjadi yang tertinggi sejak 2014 dan mempertahankannya di sana selama dua bulan ke depan. Produsen yang dikenal sebagai Saudi Aramco, diperkirakan menurunkan harga sebesar 45 sen per barel, menurut survei Bloomberg.

Permintaan minyak biasanya melambat dalam beberapa bulan pertama tahun ini karena kilang melakukan pekerjaan pemeliharaan pada pabrik. Permintaan bensin dan bahan bakar transportasi lainnya biasanya meningkat selama musim liburan musim panas di Amerika Utara. Harga minyak telah menguat sejak Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen sekutu mulai memangkas produksi pada Januari 2017 dalam upaya untuk menguras kekenyangan global.

Aramco juga memotong harga ke Eropa Barat Laut dan wilayah Mediterania dan menurunkan nilai Light and Extra Light ke A.S.

Produsen Timur Tengah bersaing dengan kargo dari Amerika Latin, Afrika Utara dan Rusia untuk pembeli di Asia, pasar terbesarnya. Produsen di wilayah Teluk Persia menjual sebagian besar berdasarkan kontrak jangka panjang untuk penyulingan. Sebagian besar perusahaan minyak negara Teluk harga minyak mentah mereka pada premi atau diskon untuk patokan. Untuk Asia, tolok ukurnya adalah rata-rata nilai minyak Oman dan Dubai.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here