Pertumbuhan Industri dan Jasa Zona Eropa Februari Retreat

457

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan industri dan jasa zona Eropa turun sementara bulan lalu karena kenaikan harga menurunkan permintaan, namun zona tersebut tetap pada jalur pertumbuhan terbaik dalam delapan tahun, sebuah survei menunjukkan pada hari Senin (04/03).

Pertumbuhan ekonomi tetap kuat, dengan negara-negara di seluruh wilayah melaporkan ekspansi, menyambut berita ke Bank Sentral Eropa tampaknya akan mengakhiri kebijakan moneter ultra-longgarnya.

IHS Markit’s Final Composite Purchasing Managers ‘Index, sebagai indikator pertumbuhan keseluruhan industri dan jasa yang baik untuk zona Eropa, turun menjadi 57,1 di bulan Februari dari 58,8 Januari dan turun dari estimasi awal 57,5.

Pembacaan bulan Januari adalah tingkat yang tertinggi sejak Juni 2006. Namun, sedikit penurunan bulan lalu tetap membuat PMI masih di atas angka 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi.

“Perekonomian zona Eropa terlihat sedikit terhambat pada bulan Februari setelah awal yang tinggi tahun ini. Masih terlalu dini untuk membaca terlalu banyak pada penurunan Februari di PMI…., “kata Chris Williamson, ekonom utama bisnis di IHS Markit, seperti yang dilansir Reuters.

Williamson mengatakan bahwa PMI konsisten dengan GDP yang naik pada tingkat yang naik 0,8 sampai 0,9 persen, yang di ujung atas akan menjadi yang terkuat sejak kuartal kedua tahun 2010.

Momentum di blok tersebut telah mencapai puncaknya, menurut jajak pendapat Reuters pekan lalu yang memperkirakan pertumbuhan kuartalan 0,6 persen dan mengatakan ECB akan menurunkan bias pelonggaran stimulus pada pertemuan bulan Juni.

Seiring dengan pertumbuhan, tekanan inflasi juga turun sedikit bulan lalu dan indeks harga produksi turun menjadi 54,4 dari 54,8. Inflasi melambat ke level terendah 14 bulan di bulan Februari 1,2 persen, jauh di bawah target ECB mendekati tapi di bawah 2,0 persen, data resmi menunjukkan pekan lalu.

Bisnis baru mencapai titik terlemah dalam enam bulan dan dengan harga yang masih naik, aktivitas di industri jasa di sebagian besar wilayah mendapat tekanan. Indeks itu merosot ke 56,2 dari 58,0, di bawah perkiraan sebelumnya 56,7.

Tapi perusahaan lebih optimis tentang tahun depan. Indeks ekspektasi bisnis naik ke level tertinggi sembilan bulan di 68,2 dari 68,0.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here