Trump : Tarif Impor Baja dan Alumunium Batal Jika Kesepakatan NAFTA Ditandatangani

434

(Vibiznews – Economy & Business) Presiden AS Donald Trump memberi isyarat pada hari Senin (05/03) bahwa tarif impor pada baja dan aluminium mungkin tidak dapat dilaksanakan, setidaknya untuk Kanada dan Meksiko, jika kesepakatan NAFTA yang adil dijalankan.

“Tarif baja dan aluminium hanya akan turun jika kesepakatan NAFTA baru & adil ditandatangani,” demikian pernyataan Trump melalui twitternya.

@realDonaldTrump
Kami memiliki defisit perdagangan yang besar dengan Meksiko dan Kanada. NAFTA, yang saat ini sedang melakukan renegosiasi sekarang, telah menjadi transaksi yang buruk bagi A.S.. Relokasi besar-besaran terhadap perusahaan dan pekerjaan. Tarif pada Baja dan Aluminium hanya akan hilang jika perjanjian NAFTA baru & yang adil ditandatangani.

Perwakilan A.S., Kanada dan Meksiko bertemu Senin untuk putaran final perundingan NAFTA, yang telah dipersulit oleh pengumuman tarif Trump pada hari Kamis. Presiden mengumumkan tarif 25 persen untuk baja dan tarif 10 persen untuk aluminium, pasar keuangan yang bergolak dan menyebabkan penurunan tajam dari Kanada, Uni Eropa dan lainnya, termasuk banyak perusahaan A.S.

Meskipun mengalami pukulan balik, Trump pada hari-hari berikutnya mempertahankan sikapnya yang keras, bahkan mengatakan bahwa perang dagang itu baik dan mudah untuk menang.

Trump mengejutkan pada Kamis dengan pengumuman tarif mendadak yang dibuat dalam sebuah pertemuan dengan eksekutif baja dan aluminium dan tanpa dokumen yang menyertainya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here