Indonesia Negara Terbaik Kedua Dunia Untuk Investasi

366

(Vibiznews – Economy & Business) Belum lama ini suatu lembaga pengukur negara-negara terbaik dunia (Best Countries), US News, menerbitkan peringkat negara-negara terbaik untuk berinvestasi. Dan US News menetapkan Indonesia berada di peringkat kedua negara terbaik untuk investasi di seluruh dunia.

Tentunya untuk memenuhi syarat sebagai negara yang layak investasi, standar tertentu harus dipenuhi. Seperti Laporan Kelompok Bank Dunia menyoroti empat faktor – masyarakat, lingkungan, hubungan, dan kerangka negara – yang mendorong individu dan perusahaan untuk berinvestasi di sumber daya, pasar, teknologi, atau merek negara tertentu.

Seperti yang dilansir Business Insider, pada bulan lalu US News merilis peringkat 2018 Best Countries mereka. Untuk mengetahui keseluruhan daftar, US News mensurvei lebih dari 21.000 orang di seluruh dunia tentang 80 negara yang berbeda, yang mengukurnya pada 65 atribut yang berbeda, termasuk pengaruh budaya, kewirausahaan, dan kualitas hidup.

Sedangkan untuk memilih negara-negara terbaik berinvestasi dalam peringkat, US News berfokus pada hanya delapan dari 65 atribut: kewiraswastaan, stabilitas ekonomi, lingkungan pajak yang menguntungkan, inovasi, tenaga kerja terampil, keahlian teknologi, dinamisme, dan korupsi. Dengan respon lebih dari 6.000 peserta survei, dimana peserta tersebut bertindak sebagai pengambil keputusan dalam bisnis di seluruh dunia. Dari survey tersebut maka digunakan untuk menentukan peringkat negara-negara yang layak investasi.

US News menyatakan dalam websitenya bahwa penentuan Indonesia sebagai negara terbaik investasi nomor dua di dunia didasarkan pada data United Nations yang menyatakan Indonesia sebagai negara paling menjanjikan untuk Foreign Direct Investment. Upaya terus menerus untuk memperbaiki kebijakan dan pertumbuhan ekonomi yang mantap menjadi daya tarik bagi investor. US News juga menyatakan proyeksi Bank Dunia menunjukkan akan pertumbuhan ekonomi yang mantap hingga tahun depan.

Berikut 25 besar negara terbaik dunia untuk investasi :
1. Filipina
2. Indonesia
3. Polandia
4. Malaysia
5. Singapura
6. Australia
7. Spanyol
8. Thailand
9. India
10.Oman
11.Republik Ceko
12.Finlandia
13.Uruguay
14.Turki
15.Irlandia
16.Belanda
17.United Kingdom
18.Brazil
19.Perancis
20.Chili
21.Slovenia
22.Korea Selatan
23.Vietnam
24.Meksiko
25.Tiongkok

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here