Uni Eropa Bersiap “Perang Dagang” Menghadapi AS

428

(Vibiznews – Economy & Business) Uni Eropa berencana menargetkan 2,8 miliar euro ($ 3,5 miliar) sebagai nilai tarif yang dikenakan terhadap barang-barang AS mulai dari kaos dan wiski hingga sepeda motor membalas apa yang diumumkan Presiden AS Donald Trump dalam rencananya untuk mengenakan tarif 25 persen untuk impor baja.

Komisi tersebut yaitu badan eksekutif UE, berdiskusi dengan pemerintah blok tersebut pada sebuah pertemuan pada Senin malam di Brussels.

Daftar pembalasan Uni Eropa menargetkan impor dari A.S. seperti kemeja, celana jeans, kosmetik, barang konsumsi lainnya, sepeda motor dan kapal pesiar senilai sekitar 1 miliar euro; jus jeruk, wiski bourbon, jagung dan produk pertanian lainnya yang berjumlah 951 juta euro; dan baja dan produk industri lainnya senilai 854 juta euro.

Janji Trump untuk membatasi impor baja asing telah memicu oposisi di dalam Partai Republik dan didasarkan pada sebuah argumen keamanan nasional yang ditolak UE. Ancaman Gedung Putih mengancam pembalasan di seluruh dunia dan juga menghadapi Organisasi Perdagangan Dunia.

Paul Ryan, dari parlemen partai Republik, berasal dari negara bagian yang sama – Wisconsin – di mana pembuat sepeda motor Harley-Davidson Inc. berada. Awal pekan ini, Ryan mengatakan bahwa dia sangat khawatir dengan konsekuensi perang dagang dan mendesak Trump untuk membatalkan rencana tarif bajanya.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dan tim yang dipimpinnya akan membahas usulan pembalasan pada sebuah pertemuan pada hari Rabu. Komisi tersebut juga menimbang pengajuan WTO melawan AS, dan memperkenalkan langkah-langkah pengaman untuk mencegah pengiriman baja dari bagian lain dunia agar tidak dialihkan ke pasar Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here