Harga Karet Tocom 7 Maret Tertekan Yen dan Minyak WTI

437

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet Jepang yang diperdagangkan di bursa berjangka Tocom  hari Rabu (07/03) retreat dari posisi kenaikan perdagangan sebelumnya. Turunnya harga karet berjangka ini dipicu oleh kuatnya nilai tukar  yen Jepang terhadap dollar AS dan anjloknya harga minyak mentah.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak bulan Agustus 2018 akhir perdagangan  hari Rabu  ditutup pada posisi 191,8  yen setelah dibuka pada posisi 191,7 yen dan sempat tinggi ke posisi 193,3. Karet Tocom turun harga 2,2 yen dari akhir perdagangan sebelumnya di 194 yen.

Analyst Vibiz Research Center melihat sejak awal sesi harga karet berjangka kontrak bulan Agustus dipicu oleh kuatnya yen Jepang dan anjloknya bursa saham Nikkei. Kemudian tekanan berlanjut oleh anjloknya harga minyak mentah dunia.

Terpantau nilai mata uang Yen Jepang bergerak kuat kembali masuki sesi Eropa hari ini, naik 0,44 persen atau 0,47 poin pada 105.65 setelah dibuka pada posisi 106,11 yen dan sempat tertekan ke 106.18 yen pada sesi Asia. Untuk harga minyak mentah West Texas Intermediate terjadi perubahan arah setelah sempat negatif di sesi Asia, namun posisi harga masih lebih rendah dari sebelumnya dengan penurunan   0,80% menjadi $62.03 per barel.

Jul Allens, Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here