ECB Pertahankan Suku Bunga Tidak Berubah

430

(Vibiznews – Economy & Business) Bank Sentral Eropa (ECB) mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Kamis (08/03) dan melanjutkan program pembelian aset hingga September.

ECB mengatakan bahwa Dewan Pengatur memperkirakan suku bunga ECB kunci tetap berada pada tingkat sekarang untuk jangka waktu yang lama, dan melewati pembelian aset bersih yang akan berlangsung hingga September 2018.

Pada pertemuan kebijakan moneter terakhir bank pada bulan Januari, pembuat kebijakan sepakat bahwa terlalu dini untuk melakukan perubahan pada tingkat stimulus saat ini, namun mengakui bahwa ada kemungkinan perubahan pada awal 2018.

Untuk saat ini program pelonggaran kuantitatif akan berlanjut dengan kecepatan 30 miliar euro per bulan. Bank juga mengatakan bahwa stimulus bisa melampaui September jika kondisi ekonomi berubah.

Namun, analis memegang pandangan yang sangat berbeda mengenai masa depan program pelonggaran kuantitatif (quantitative easing / QE).

Analis mengatakan mengingat hanya sedikit peningkatan inflasi inti, kami memperkirakan ECB akan mengurangi QE dari Oktober menjadi 15 miliar euro per bulan dan menghentikannya sama sekali pada akhir tahun.

Analis lain mengatakan bahwa karena pertumbuhan ekonomi yang solid dan penurunan pengangguran yang diperkirakan di seluruh zona Eropa, maka ECB cenderung merasa nyaman mengakhiri QE pada bulan September.

 

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here