Bursa Wall Street Naik Hampir 2 Persen; Berikan Dorongan Positif Bursa Global

436

(Vibiznews – Index) Bursa Saham A.S. melonjak pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (10/03), terdukung data pertumbuhan pekerjaan AS yang jauh melebihi ekspektasi.

Indeks Nasdaq, indeks saham teknologi kapital besar naik 1,8 persen menjadi 7.560,81 dan menyentuh rekor intraday dan penutupan, menghapus kerugian dari koreksi bulan lalu. Nasdaq 100, yang terdiri dari 100 perusahaan terbesar di komposit Nasdaq, juga mencapai rekor tertinggi. Jumat menandai pertama kalinya sejak 26 Januari, untuk indeks mencapai rekor tertinggi. Saham Facebook, Amazon, Netflix dan Google turut memimpin kenaikan.

Indeks Dow Jones naik 440,53 poin menjadi ditutup pada 25.335,74, dengan Goldman Sachs merupakan kontributor terbesar kenaikan indeks. Indeks 30-saham juga ditutup di atas rata-rata pergerakan 50 hari, level teknis utama.

Indeks S & P 500 naik 1,7 persen menjadi berakhir di 2.786,57, dengan sektor keuangan sebagai sektor dengan kinerja terbaik. Ini juga ditutup di atas rata-rata pergerakan 50 hari.

Perekonomian A.S. menambahkan 313.000 pekerjaan pada bulan Februari, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan 200.000.

Sementara itu, tingkat upah tumbuh kurang dari yang diharapkan, meningkat 2,6 persen secara tahunan. Pertumbuhan upah yang lebih kuat dari perkiraan membantu memicu koreksi pasar di bulan sebelumnya.

Indeks Volatilitas Cboe (VIX), yang secara luas dianggap sebagai ukuran ketakutan terbaik di pasar, mencapai level terendah sejak 1 Februari dan diperdagangkan lebih tinggi dari 11,5 persen di level 14,62.

Pergerakan Jumat terjadi setelah Wall Street menyelesaikan sebuah catatan positif pada hari Kamis, menyusul perkembangan lebih lanjut mengenai tarif.

Presiden Donald Trump menandatangani dua deklarasi pada hari Kamis, yang akan menerapkan tarif impor baja dan aluminium. Tarif tersebut diperkirakan akan berlaku dalam 15 hari dan akan mengenakan biaya 25 persen untuk baja, dan 10 persen pada aluminium. Kanada dan Meksiko dibebaskan dari tarif ini.

Pada tanggal 9 Maret 2009, S & P 500 ditutup pada 676,53. Sejak saat itu, S & P 500 naik sekitar 300 persen. Consumer discretionary adalah sektor dengan kinerja terbaik dalam jangka waktu tersebut, meningkat lebih dari 550 persen. Taruhan $ 10.000 di Amazon diperkirakan bernilai $ 250.000 hari ini.

Dalam berita perusahaan, Goldman Sachs ditutup 1,7 persen lebih tinggi setelah sebuah laporan mengatakan CEO Lloyd Blankfein sedang mempersiapkan untuk meninggalkan perusahaan tersebut pada akhir tahun.

CEO Boeing Dennis Muilenburg mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan tersebut memiliki “banyak tenaga kuda” untuk melakukan akuisisi, seperti usulan pengikatan dengan Embraer Brazil. Saham Boeing naik 1,7 persen pada hari Jumat.

Saham Mattel turun 7,1 persen di tengah berita Toys R Us dapat melikuidasi operasi A.S.-nya. Mattel adalah pemegang hutang Toys R Us.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan kenaikan bursa Wall Street dapat memberikan dorongan positif hari ini bagi bursa Asia dan Eropa. Sedangkan bagi bursa Wall Street sendiri akan mencermati sentimen pengenaan tarif impor baja dan alumunium AS, yang jika sentimen perang dagang semakin kuat akan menekan bursa Wall Street dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here