Optimisme Ekonomi Maret Jerman Merosot Terganggu Kekuatiran Perang Dagang

463

(Vibiznews – Economy & Business) Pengukur utama dari pandangan para profesional keuangan tentang ekonomi Jerman jatuh bulan ini terpicu kekuatiran perang dagang.

Indeks sentimen ekonomi Pusat Riset Ekonomi Eropa (ZEW) turun 12,7 poin di bulan Maret dari Februari menjadi 5,1 poin. Pembacaan jauh di bawah perkiraan konsensus dalam jajak pendapat Reuters dari 13.

Pembacaan bulan ini menarik indikator ZEW lebih jauh dari rata-rata jangka panjang 23,6 poin.

“Kekhawatiran atas konflik perdagangan global yang dipimpin AS telah membuat para ahli lebih berhati-hati dalam prognosis mereka,” kata presiden Zew Achim Wambach. “Dikombinasikan dengan penilaian positif para ahli terus-menerus terhadap situasi saat ini, bagaimanapun, prospeknya masih sebagian besar positif.”

Hasil survei hari Selasa datang setelah beberapa laporan ekonomi mengecewakan. Pertumbuhan harga produser dan harga konsumen mereda pada bulan Februari, sementara angka terbaru pada ekspor dan pesanan industri melemah.

Perekonomian Jerman tumbuh tahun lalu pada tingkat tercepat sejak akhir krisis utang zona Eropa pada tahun 2011. Kekuatan di banyak mitra dagang memberikan dorongan pada bisnis ekspor yang dominan.

Namun, kekhawatiran mulai meningkat bahwa perdagangan bisa mendapat pukulan baik dari euro yang kuat dan peningkatan proteksionisme yang dipicu oleh pemerintahan Trump di AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here