Bursa Asia 21 Maret Mixed Menantikan Keputusan Suku Bunga AS

523

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia ditutup mixed pada hari Rabu (21/03), dengan investor fokus pada pertemuan Federal Reserve AS yang diperkirakan akan menaikkan suku bunga AS.

Indeks Kospi Seoul ditutup sedikit berubah setelah melayang sedikit di atas garis datar di awal hari. Indeks acuan turun 0,02 persen menjadi ditutup pada 2.484,97.

Pembuat kapal “Tiga Besar” Korea Selatan ditutup beragam, dengan Hyundai Heavy Industries maju 3,75 persen. Di antara sektor utama, saham produsen mobil dan teknologi berakhir mixed.

Indeks Hang Seng Hong Kong berakhir turun 0,43 persen pada 31,414.52, mengurangi lebih dari 1 persen keuntungan pada hari sebelumnya. Saham energi dan properti memimpin satu jam menjelang penutupan pasar, tetapi saham teknologi masuk ke wilayah negatif.

Saham indeks kapital besar Tencent naik 0,09 persen pada pukul 03.04 siang. HK / SIN menjelang rilis pendapatannya di kemudian hari.

Pasar Tiongkok membalikkan kenaikan awal untuk ditutup lebih rendah. Indeks Shanghai turun 0,27 persen menjadi berakhir pada 3.281,59 dan Indeks Shenzhen yang lebih kecil turun 0,73 persen menjadi ditutup pada 1,858.61.

Selama di Sydney, indeks S & P / ASX 200 melayang lebih tinggi sebesar 0,23 persen menjadi ditutup pada 5,950.30. Saham energi naik 1,17 persen karena harga minyak bertahan pada kenaikan setelah melonjak ke tingkat tertinggi dalam tiga minggu dalam semalam, sementara saham telekomunikasi dan utilitas turun.

Pasar di Jepang ditutup pada hari Rabu untuk vernal equinox.

The Fed secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya pada hari Rabu pada hari A.S.. Probabilitas kenaikan 25 basis poin pada bulan Maret mencapai 94,4 persen, menurut alat FedWatch CME Group pada hari Rabu pagi.

Pasar juga mengamati pertemuan untuk petunjuk tentang apakah bank sentral berpotensi menaikkan suku bunga lebih dari tiga kali tahun ini.

Sementara itu, dalam berita perusahaan, Geely Automobile Holdings turun 5,09 persen pada 2:47 p.m. HK / SIN meski sebelumnya melaporkan kenaikan laba bersih sebesar 108 persen untuk tahun 2017.

Saham Ping An Insurance turun 1,53 persen di Hong Kong pada pukul 2:50 siang. HK / SIN setelah perusahaan pada hari Selasa mengumumkan laba bersih tahunan naik 42,8 persen, melampaui perkiraan Thomson Reuters.

Di tempat lain, perusahaan susu Fonterra mengatakan pada hari Rabu bahwa CEO Theo Spierings, akan meninggalkan perannya di akhir tahun ini. Perusahaan yang terdaftar di Selandia Baru, yang merupakan eksportir susu terbesar di dunia, mengumumkan sebelumnya pada hari itu telah mencatat kerugian bersih dalam enam bulan yang berakhir 31 Januari.

Di Australia, James Packer telah mengundurkan diri sebagai direktur dari dewan Resorts Crown karena alasan pribadi, operator kasino mengatakan dalam sebuah rilis pada hari Rabu. Saham-saham Crown ditutup turun 0,92 persen.

Dalam mata uang, dolar memangkas beberapa kenaikan semalam karena pasar menunggu the Fed. Indeks dolar, yang mengukur dolar AS terhadap enam rival, diperdagangkan pada 90.240 pada 2:44 WIB. HK / SIN. Indeks menyentuh level tertinggi tiga minggu di sesi terakhir.

Mata uang A.S. diperdagangkan pada level 106,40 melawan yen setelah menguat dalam sesi semalam. Sementara itu, dolar Australia diperdagangkan pada $ 0,7702 setelah diperdagangkan di bawah pegangan $ 0,77 di awal sesi.

Sementara itu, dolar Hong Kong diperdagangkan pada $ 7.8452 terhadap dolar pada pukul 2:45 siang. HK / SIN setelah sebelumnya anjlok 33 tahun terendah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa saham Asia akan bergerak mengikuti pergerakan bursa Wall Street, yang diperkirakan bisa melemah dengan kecemasan kenaikan suku bunga AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here