Bursa Eropa Merespon Negatif Kenaikan Suku Bunga AS

480

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada Kamis pagi waktu London (22/03) merespon kenaikan suku bunga dari Federal Reserve AS.

Indeks FTSE bergerak pada 6986.56, turun -52.41 poin atau -0.74%

Indeks DAX bergerak pada 12171.21, turun -137.94 poin atau -1.12%

Indeks CAC bergerak pada 5181.92, turun -57.82 poin atau -1.10%

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa turun 0,7 persen dengan semua sektor perdagangan di wilayah negatif.

Saham teknologi termasuk di antara sektor berkinerja terburuk dalam perdagangan akhir pagi dalam level terendah dalam dua minggu. Sektor ini masih terkena dampak skandal berkelanjutan yang melibatkan Facebook, yang pecah awal pekan ini. Mark Zuckerberg mengakui Rabu bahwa jaringan media sosial melakukan kesalahan dalam kebocoran data yang berpotensi digunakan untuk tujuan politik. Sektor ini juga mengalami penurunan pendapatan, dengan United Internet turun lebih dari 8 persen setelah melaporkan hasil 2017.

Saham perbankan juga lebih rendah, turun lebih dari 1 persen. Meskipun bank-bank sentral bergerak menjauh dari tingkat ultra-rendah mereka, pengumuman dari The Fed pada hari Rabu terbukti kurang hawkish dari yang diperkirakan.

Melihat di seluruh patokan Eropa, Reckitt Benckiser memimpin kenaikan, naik lebih dari 5 persen. Ini setelah berita bahwa mereka telah menyelesaikan pembicaraan untuk membeli bisnis perawatan kesehatan konsumen Pfizer.

The Federal Reserve mengumumkan kenaikan suku bunga pertama 2018. Bank sentral menyajikan kenaikan 25 basis poin. Pada saat yang sama, Fed mengatakan bahwa kemungkinan akan ada dua kenaikan suku bunga lainnya tahun ini dan menaikkan prospek dua kenaikan lagi pada 2019. Federal Reserve juga meningkatkan perkiraan pertumbuhan untuk tahun ini dan tahun depan.

Dolar AS sedikit lebih rendah terhadap sekeranjang mata uang pada Kamis pagi setelah membukukan penurunan terbesar dalam dua bulan pada pernyataan the Fed. Pasar telah mengantisipasi nada yang lebih hawkish dari bank sentral.

Sementara itu, Presiden Donald Trump akan mengumumkan tarif pada impor Tiongkok pada hari Kamis.

Kembali di Eropa, investor akan memantau pertemuan Bank of England. Harapannya adalah Gubernur Mark Carney akan terus menjaga bank di jalur untuk kenaikan suku bunga bulan Mei. Dia akan berbicara kepada pers pada sekitar tengah hari waktu London.

Sementara itu, para pemimpin Eropa akan berkumpul di Brussels untuk pertemuan dua hari di mana mereka akan mengutuk Rusia untuk serangan agen saraf di Inggris dan mengkonfirmasi periode transisi 21 bulan sebelum Inggris berpisah sepenuhnya dari Uni Eropa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya Bursa Eropa akan bergerak lemah mencermati keputusan kenaikan suku bunga AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here