Harga Emas Sesi Eropa Naik Terpicu Kekuatiran Perang Dagang AS-Tiongkok

704

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik sekitar 1 persen pada hari Jumat (23/03) di sesi Eropa, terpicu pelemahan dolar AS dan pasar saham karena investor mencari aset safe haven setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani tarif tinggi terhadap impor barang teknologi Tiongkok, yang memicu kekuatiran pembalasan dari Tiongkok yang mengakibatkan perang perdagangan global.

Trump menandatangani memorandum presiden pada Kamis yang dapat mengenakan tarif impor hingga $ 50 miliar dari China, tetapi hanya setelah periode konsultasi 30 hari yang dimulai setelah daftar diterbitkan.

China mendesak Amerika Serikat untuk “mundur dari tepi jurang”, sementara kementerian perdagangan China mengumumkan rencana untuk memungut bea masuk tambahan hingga $ 3 miliar impor AS sebagai tanggapan atas tarif baja dan aluminium.

Ketidakpastian seputar kemungkinan perang dagang antara Amerika Serikat dan China mendorong pembelian safe-haven.

Harga emas spot LLG naik 0,81 persen pada $ 1,339.33 per ons, pada 0758 GMT. Pada awal sesi, harga menyentuh tertinggi sejak 20 Februari di $ 1,343.06, dan berada di jalur untuk kinerja mingguan terbaik mereka sejak minggu 16 Februari, naik lebih dari 2 persen.

Harga emas berjangka AS untuk pengiriman April naik 0,9 persen menjadi $ 1,339.50 per ons.

Terhadap sekeranjang mata uang, indeks dolar turun 0,2 persen pada 89,72. Yen mencapai tertinggi 16 bulan terhadap dolar pada hari Jumat karena kekhawatiran atas meningkatnya ketegangan perdagangan global memicu serangan penghindaran risiko investor.

Selera investor untuk aset safe-haven seperti emas naik selama masa ketidakpastian geopolitik dan keuangan, dan melemahnya dolar AS membuat emas dengan harga dolar lebih murah untuk pembeli dengan mata uang lainnya.

Sementara itu, para pemimpin Uni Eropa sedang menunggu untuk kata terakhir dari Trump pada apakah Amerika Serikat akan menerapkan tarif untuk baja dan aluminium Eropa, kata Kanselir Jerman Angela Merkel, dan memperingatkan tanggapan tegas jika dia melakukannya.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 1 persen menjadi $ 16,52 per ons, sementara platinum 0,9 persen lebih tinggi pada $ 955,30 per ons. Kedua logam berada di jalur untuk mencatat kinerja mingguan terbaik mereka dalam lima minggu.

Palladium naik 0,2 persen menjadi $ 981,97 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi menguat terpicu pelemahan dolar AS dan kekuatiran perang dagang AS-Tiongkok. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,341-$ 1,343, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,337-$ 1,335.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here