Bursa Eropa 27 Maret di Zona Positif Pasca Meredanya Perang Dagang

441

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa melonjak lebih tinggi pada Selasa waktu London (27/03) terpicu meredanya kekhawatiran perang perdagangan global.

Indeks FTSE bergerak pada 7024.35, naik 135.66 poin atau 1.97%

Indeks DAX bergerak pada 11993.46, naik 206.20 poin atau 1,75%

Indeks CAC bergerak pada 5131.84, naik 65.56 poin atau 1.29%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik 1,4 persen dengan setiap sektor bergerak di wilayah positif. Saham teknologi adalah yang berkinerja paling tinggi hingga lebih dari 2 persen, diikuti secara dekat oleh sumber daya dasar.

Secara keseluruhan pendorong utama sentimen pasar adalah berita bahwa AS dan China terbuka untuk membahas masalah yang terkait dengan perdagangan. Berita itu muncul setelah meningkatnya ketegangan antara negara adidaya dan ketakutan akan perang dagang potensial. Gedung Putih sedang mencari pengurangan tarif pada mobil impor serta meminta China untuk mengizinkan kepemilikan mayoritas perusahaan jasa keuangan asing sebagai gantinya karena tidak memaksakan harga lebih tinggi pada berbagai barang impor China.

Melihat di seluruh patokan Eropa, peritel makanan Prancis, Casino Guichard, naik hampir 5 persen. Perusahaan itu bergabung dengan Amazon untuk membawa belanjaannya ke pelanggan Amazon Prime Now. Layanan ini akan dimulai tahun ini di Paris.

Perusahaan produk pemanas dan pipa, Ferguson juga naik 5 persen setelah melaporkan hasil setengah tahun pertamanya. Perusahaan melaporkan pendapatan berkelanjutan sebesar 10,3 persen di depan tahun lalu, Reuters melaporkan.

Di ujung lain dari indeks berdiri H & M. Pengecer Swedia mengumumkan laba bersih yang lebih rendah pada kuartal pertama, mengirim saham turun 6 persen.

Investor juga mengawasi kondisi politik setelah beberapa negara Eropa memutuskan untuk mengusir banyak diplomat Rusia setelah dugaan serangan racun saraf pada mantan mata-mata Rusia. AS juga memerintahkan Senin pengusiran 60 diplomat dan Australia dua lainnya, menambahkan bahwa itu juga bisa memboikot Piala Dunia sepak bola musim panas ini di Rusia.

Sementara itu, Deutsche Bank dilaporkan mencari pengganti untuk John Cryan sebagai chief executive.

Dalam berita merger, GlaxoSmithKline (GSK) telah setuju dengan Novartis untuk membeli 36,5 persen saham di Consumer Healthcare Joint Venture sebesar $ 13 miliar. Yang pertama memimpin kenaikan di sektor perawatan kesehatan, dan di seluruh Eropa, naik hampir 7 persen. Analis percaya bahwa merger akan meningkatkan pembayaran pemegang saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa bursa Eropa berpotensi menguat dengan kekuatiran perang dagang yang terus mereda. Bursa Eropa juga akan mencermati pergarakan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here