Pertumbuhan Ekonomi AS Akhir 2017 Melebihi Ekspektasi; Belanja Konsumen dan Investasi Bisnis Meningkat

503

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi Amerika Serikat tumbuh secara signifikan lebih cepat pada akhir 2017 daripada yang dilaporkan sebelumnya, dengan data direvisi menunjukkan belanja konsumen dan investasi bisnis yang lebih kuat, demikian laporan pemerintah AS Rabu (28/03).

PDB tumbuh 2,9 persen pada kuartal keempat, 0,4 poin lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya, kata Departemen Perdagangan. Angka itu secara signifikan lebih cepat pertumbuhannya dari yang diperkirakan analis.

Hasil untuk periode Oktober-Desember tidak memperhitungkan pemotongan pajak sebesar $ 1,5 triliun bulan Desember, yang menurut para ekonom harus meningkatkan pertumbuhan dalam waktu dekat.

Perkiraan ketiga dan terakhir dari pertumbuhan ekonomi, berdasarkan pada kumpulan data yang lebih lengkap, hanya sebatas target Presiden Donald Trump untuk pertumbuhan tahunan sebesar tiga persen.

Tetapi untuk setahun penuh tingkat pertumbuhan tidak berubah pada 2,3 persen, lebih cepat dari 1,5 persen yang terlihat pada tahun 2016, tetapi masih jauh di bawah tujuan Trump dan ekspansi 2,9 persen yang terlihat pada tahun 2015.

Peningkatan estimasi pertumbuhan kuartal keempat berasal dari belanja konsumen yang lebih tinggi untuk transportasi, inventaris bisnis grosir yang lebih tinggi dan penyesuaian statistik yang diperbarui untuk memperhitungkan faktor musiman, menurut Departemen Perdagangan.

Pengeluaran konsumen yang lebih tinggi pada transportasi melihat layanan AS tumbuh 2,3 persen pada kuartal tersebut, naik dari perkiraan sebelumnya dan ekspansi tercepat dalam tujuh tahun.

Pengeluaran konsumen untuk barang juga mengalami kenaikan kuartalan terbesar dalam lebih dari 11 tahun setelah revisi naik menjadi 7,8 persen.

Meskipun percepatan pertumbuhan ekonomi, laba perusahaan stagnan di kuartal ini, jatuh 0,1 persen setelah kenaikan $ 90,2 miliar pada kuartal sebelumnya.

Sektor keuangan mengalami penurunan $ 14,6 persen tetapi sektor non-keuangan mengalami peningkatan $ 19,4 miliar untuk kuartal ini.

Laba untuk 2017 naik $ 91,2 miliar setelah penurunan $ 44 miliar pada tahun sebelumnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here