Bursa Eropa 29 Maret Bergerak Naik; Saham Renault Melonjak

965

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak positif Kamis pagi waktu London (29/03), pada hari perdagangan terakhir kuartal untuk sebagian besar pasar di wilayah tersebut.

Indeks FTSE bergerak pada 7072.04, naik 27.30 poin atau 0,39%

Indeks DAX bergerak pada 12094.29, naik 153.58 poin atau 1.29%

Indeks CAC bergerak pada 5177.89, naik 47.45 poin atau 0.93%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,4 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif. Mobil adalah penambah top, didorong lebih tinggi oleh Renault. Saham pembuat mobil naik 5 persen menyusul laporan media bahwa perusahaan bisa bergabung dengan Nissan. Saham yang diperdagangkan mendekati level tertinggi 10 tahun sebelumnya di berita, tetapi perusahaan telah menolak untuk mengomentari laporan tersebut.

Electrocomponents juga termasuk top performer setelah upgrade rating. Selanjutnya, Swiss Re naik 2 persen setelah laporan bahwa kelompok Jepang SoftBank mencari untuk membeli 25 persen saham di reasuransi.

Namun, fokus pasar tetap tertuju pada kinerja saham teknologi setelah penjualan di Wall Street. Sektor ini awalnya diperdagangkan lebih tinggi tetapi jatuh ke wilayah negatif oleh perdagangan pagi.

Dalam berita perusahaan lainnya, Kepala Deutsche Bank John Cryan mengirim surat kepada karyawannya yang berjanji untuk berkomitmen penuh kepada bank setelah laporan bahwa dia akan segera dipecat.

Di Asia, saham ditutup lebih tinggi menyusul berita bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu dengan Presiden China Xi Jinping. Pasar mengabaikan kelemahan yang terlihat di Wall Street di mana penjualan saham teknologi menyebabkan kerugian tajam untuk sektor ini, dengan Amazon dan Netflix turun lebih dari 4 persen.

Dalam hal data, angka pengangguran Jerman mencapai rekor terendah pada Maret di 5,3 persen, menurut data baru. Sementara itu, defisit akun Facebook saat ini adalah £ 18,4 miliar pada kuartal terakhir 2017, lebih rendah dari apa yang diperkirakan analis.

Sebelumnya, harga perumahan Nationwide terbaru di Inggris menunjukkan penurunan 0,2 persen bulan ke bulan di bulan Maret, di bawah konsensus.

Kamis juga menandai setahun sejak Perdana Menteri Inggris Theresa May memicu proses untuk meninggalkan Uni Eropa. Dalam 365 hari, Inggris tidak akan lagi menjadi anggota penuh UE meskipun akan ada periode transisi sekitar 21 bulan.

Sore tadi juga telah dirilis data GDP Growth Rate Q4 Final Inggris yang sesuai dengan indikasi analis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan bergerak positif dengan data ekonomi Jerman dan Inggris stabil.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here