Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Terdukung Proyeksi Penurunan Pasokan AS

494

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah naik tipis pada Selasa (03/04) di sesi Asia dengan sentimen negatif meningkatnya produksi Rusia dan ekspektasi penurunan harga minyak Arab Saudi diimbangi oleh penurunan pasokan AS seperti yang diperkirakan oleh American Petroleum Institute (API).

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS berada di $ 63,13 per barel pada 0434 GMT, naik 11 sen dari penutupan sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik menjadi $ 67,80 per barel, naik 16 sen setelah jatuh sebesar 2,5 persen pada hari Senin.

Produsen utama Rusia memproduksi 10,97 juta barel per hari (bpd) minyak mentah pada Maret, naik dari 10,95 juta bpd pada Februari, data resmi menunjukkan, tertinggi 11 bulan.

Arab Saudi dan Rusia telah memimpin upaya berkelanjutan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen utama lainnya di luar OPEC untuk mengurangi kembali produksi untuk mendukung harga.

Salah satu penggerak harga kunci yang akan datang adalah persediaan bahan bakar dan produksi minyak mentah dari Amerika Serikat, yang telah meningkat hampir seperempatnya sejak pertengahan 2016 menjadi 10,43 juta bpd, melampaui Arab Saudi dan datang hanya dari Rusia.

American Petroleum Institute (API) akan mempublikasikan data persediaan bahan bakar pada hari Rabu dinihari yang memperkirakan hasil penurunan.

Ada juga tekanan yang datang dari pasar fisik, di mana eksportir utama Arab Saudi diperkirakan akan memangkas harga untuk semua nilai minyak mentah yang dijualnya ke Asia pada bulan Mei.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi menguat dengan perkiraan penurunan pasokan mingguan AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 63,50-$ 64,00, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 62,50-$ 62,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here