Bursa Eropa Akhir Pekan Bergerak Lemah Terganjal Kekuatiran Perang Dagang Lanjutan

524

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak lebih rendah pada Jumat pagi waktu London (06/04), karena kekuatiran lanjutan perang dagang antara AS-China.

Indeks FTSE bergerak pada 7187.11, turun -12.39 poin atau -0.17%

Indeks DAX bergerak pada 12245.11, turun -60.08 poin atau -0.49%

Indeks CAC bergerak pada 5251.78, turun -24.89 poin atau -0.47%

Indkes Stoxx 600 Pan Eropa bergerak sekitar 0,5 persen lebih rendah selama transaksi tengah pagi, dengan hampir semua sektor dan bursa-bursa besar di wilayah negatif.

Saham otomotif Eropa memimpin penurunan pada hari Jumat, turun 1,5 persen di tengah ketegangan perdagangan yang meningkat. Porsche dan Hella adalah salah satu pemain sektoral terburuk, keduanya turun lebih dari 1 persen.

Saham sumber daya dasar – dengan eksposur mereka yang besar ke China – juga diperdagangkan lebih rendah pada hari Jumat, turun 1,25 persen. Rio Tinto adalah salah satu yang paling terpukul setelah Exane BNP Paribas memotong rekomendasi sahamnya menjadi “netral” dari “mengungguli”. Saham raksasa pertambangan itu turun lebih dari 1 persen di tengah berita.

Melihat saham individu, Dufry melonjak ke puncak patokan Eropa setelah perusahaan mengusulkan dividen dan mengumumkan akan meluncurkan rencana pembelian kembali saham. Kepler Chevreux kemudian meningkatkan harga target untuk pengecer wisata Swiss ini segera setelah bel pembukaan, mendukung langkah yang lebih tinggi. Saham Dufry naik sekitar 3 persen selama transaksi tengah pagi.

Sementara itu, konglomerasi Norwegia Orkla merosot ke bagian bawah indeks setelah perbankan berbasis Oslo DNB memotong rekomendasi sahamnya untuk “menjual” dari “menahan.” Saham Orkla lebih dari 5 persen lebih rendah di berita.

Kamis malam, Presiden AS Donald Trump menginstruksikan Perwakilan Perdagangan AS untuk mempertimbangkan $ 100 miliar tarif tambahan untuk barang-barang Cina. Pengenaan lebih lanjut sedang diusulkan “mengingat pembalasan tidak adil China” terhadap aksi perdagangan AS sebelumnya, Trump mengatakan dalam sebuah pernyataan.

China pada hari Rabu mengumumkan akan memperkenalkan tarif atas 106 produk AS, termasuk kedelai, mobil dan wiski. Kewajiban diperkenalkan sebagai tindakan pembalasan terhadap Trump, yang hanya 24 jam sebelumnya, telah meluncurkan daftar impor China yang direncanakannya ditargetkan dengan tarif.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang akan memastikan data Non Farm Payrolls Maret AS, yang jika terealisir melemah, akan menekan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here