Bursa Eropa 10 April Bergerak Kuat Terdukung Pidato Jinping

338

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak lebih tinggi Selasa sore waktu London (10/04) setelah pidato Presiden China Xi Jinping menenangkan investor yang kuatir tentang prospek perang perdagangan skala antara dua ekonomi terbesar dunia.

Indeks FTSE bergerak pada 7261.10, naik 66.35 poin atau 0.92%

Indeks DAX bergerak pada 12395.14, naik 133,39 poin atau 1,09%

Indeks CAC bergerak pada 5303.21, naik 39.82 poin atau 0.76%

Pan-Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,5 persen pada pertengahan sore, dengan semua bursa utama dan sebagian besar sektor di wilayah positif.

Saham sumber daya dasar – dengan eksposur berat mereka ke China – memimpin kenaikan, mengumpulkan lebih dari 2,2 persen setelah komentar dari Presiden China. Berbicara di Forum Boao di China, Xi mengatakan raksasa Asia ini akan mengambil langkah-langkah untuk secara tajam memperluas akses pasar bagi investor asing, meningkatkan batas kepemilikan asing di sektor otomotif negara itu dan melakukan lebih banyak untuk melindungi kekayaan intelektual perusahaan internasional.

Anglo American, adalah pemain sektoral terbaik kedua dalam perdagangan sore, 4,6 persen lebih tinggi. BHP Billiton, Arcelormittal, Rio Tinto dan Glencore semuanya diperdagangkan lebih dari 2,5 persen ke atas.

Melihat saham individu, saham LVMH diperdagangkan 4 persen di zona hijau setelah mencapai rekor tertinggi baru pada awal sesi. Kelompok barang mewah terbesar di dunia maju ke atas patokan Eropa setelah membukukan pertumbuhan penjualan yang lebih kuat dari yang diperkirakan selama tiga bulan pertama 2018. Awal yang optimis untuk tahun kalender didukung oleh ambisi China yang berkembang untuk barang-barang mewah.

Sementara itu, pembuat aroma dan rasa Givaudan mencatat angka penjualan yang lebih lemah dari perkiraan selama kuartal pertama, meskipun dorongan dari kemenangan kontrak baru dan akuisisi, Reuters melaporkan. Sahamnya 3,5 persen lebih rendah pada berita pendapatan, duduk di bagian bawah patokan Eropa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa eropa dapat bergerak positif dengan optimisme menurunnya ketegangan perang dagang AS-Tiongkok.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here