Pernyataan Damai Xi Turunkan Suhu Bursa Global, S&P 500 Naik 1,1 Persen

327

(Vibiznews – Index) – Bursa saham AS melonjak Selasa malam ini menyusul pernyataan damai dari Presiden Tiongkok, Xi Jinping yang ditujukan untuk melepaskan beberapa tekanan dari sengketa perdagangan antara ekonomi terbesar di dunia tersebut.

Semua indeks saham utama AS naik lebih dari persen demikian juga dengan saham global, menanggapi pidato Xi, di mana dia mengatakan Perang Dingin dan sikap zero-sum harus “keluar dari tempatnya,” pemerintah Tiongkok mendukung perdagangan bebas dan dialog untuk menyelesaikan sengketa. Dari mulai Indeks Eropa, Stoxx 600 sampai bursa saham Sydney dan Hong Kong bergerak lebih tinggi.

Dengan komentar Xi dan nada Presiden AS Donald Trump yang lebih ramah menunjuk ke pendekatan yang berpotensi kurang agresif mengenai perbedaan pendapat diantara kedua bangsa. Para investor menimbang apakah kekhawatiran perang perdagangan telah menjadi berlebihan.

Data ekonomi yang ditunggu minggu ini antara lain, Chief Executive Officer Facebook Inc Mark Zuckerberg bersaksi di dua sidang Kongres pada hari Selasa dan Rabu. Data IHK AS dan notulen FOMC hari Rabu dan JPMorgan Chase & Co. dan Citigroup Inc. akan melaporkan laba kuartal pertama pada Jumat mendatang.

Saham

S & P 500 naik 1,1 persen menjadi 2,640.78 pada 10: 02 pagi di New York.
Indeks Eropa, Stoxx 600 Index naik 0,5 persen ke level tertinggi dalam sebulan.
MSCI All-Country World Index meningkat 1 persen.
Indeks Pasar Berkembang MSCI naik 0,8 persen.
Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0,9 persen.

Mata Uang

Yen Jepang turun 0,2 persen menjadi 106,98 per dolar.
Euro naik 0,4 persen menjadi $ 1,2366, tertinggi dalam dua minggu.
Pound Inggris meningkat 0,3 persen menjadi $ 1,4179, yang terkuat dalam lebih dari dua minggu.

Obligasi

Imbal hasil pada obligasi 10-tahun AS naik satu basis poin menjadi 2,7881 persen. Demikian juga dengan imbal hasil 10-tahun Jerman, menambahkan satu basis poin menjadi 0,511 persen dan imbal hasil 10 tahun Inggris sedikit berubah pada 1,405 persen.

Komoditas

Harga emas naik 0,2 persen menjadi $ 1,339.03 per ounce dan harga minyak mentah West Texas Intermediate meningkat 2 persen menjadi $ 64,66 per barel.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner/Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here