Bursa Eropa Berakhir Naik 1 Persen Pasca Pidato Jinping

423

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa ditutup lebih tinggi Selasa malam (10/04) setelah Presiden China Xi Jinping meredakan ketegangan perang perdaganganAS-China.

Indeks FTSE berakhir pada 7266.75, naik 72,00 poin atau 1,00%

Indeks DAX berakhir pada 12397.32, naik 135.57 poin atau 1.11%

Indeks CAC berakhir pada 5307.56, naik 44.17 poin atau 0.84% ​

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 ditutup naik 0,8 persen, dengan semua bursa utama dan sektor utilitas di wilayah positif.

Saham sumber daya dasar – dengan eksposur mereka yang besar ke China – rally dalam perdagangan sore untuk menutup hampir 2,7 persen menyusul komentar dari Xi. Berbicara di Forum Boao di China, Xi mengatakan raksasa Asia akan mengambil langkah-langkah untuk secara tajam memperluas akses pasar bagi investor asing, meningkatkan batas kepemilikan asing di sektor otomotif negara itu dan melakukan lebih banyak untuk melindungi kekayaan intelektual perusahaan internasional.

Anglo American, adalah pemain sektoral terbaik kedua, naik di perdagangan sore hari untuk menutup lebih dari 5 persen. BHP Billiton, Arcelormittal dan Rio Tinto semua selesai Selasa sekitar 3 persen di hijau.

Sektor otomotif juga berkinerja baik, menutup 1,9 persen. Porsche dan Volkswagen memimpin, keduanya mengakhiri perdagangan naik sekitar 4,5 persen. Proposal Xi termasuk menurunkan tarif impor mobil.

Utilitas adalah satu-satunya sektor yang ditutup negatif, mengakhiri hari turun 0,74 persen.

Melihat saham individu, saham LVMH ditutup hampir 5 persen lebih tinggi setelah mencapai rekor tertinggi baru pada awal sesi. Kelompok barang mewah terbesar di dunia maju ke atas patokan Eropa setelah membukukan pertumbuhan penjualan yang lebih kuat dari yang diperkirakan selama tiga bulan pertama 2018. Awal yang optimis untuk tahun kalender didukung oleh selera China yang berkembang untuk barang-barang mewah.

Sementara itu, pembuat aroma dan rasa Givaudan mencatat angka penjualan yang lebih lemah dari perkiraan selama kuartal pertama, meskipun dorongan dari kemenangan kontrak baru dan akuisisi, Reuters melaporkan. Sementara sahamnya memangkas beberapa kerugian dalam beberapa jam terakhir perdagangan, itu ditutup di dekat bagian bawah patokan Eropa, turun 2,4 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa eropa dapat bergerak positif dengan optimisme menurunnya ketegangan perang dagang AS-Tiongkok. Juga akan mencermati pidato Presiden ECB Mario Draghi, yang jika memberikan sinyal positif bagi ekonomi eropa akan menguatkan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here