Bursa Eropa Bergerak Positif Mengabaikan Ketegangan Geopolitik AS-Rusia

661

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak positif Kamis pagi waktu London (12/04), mengabaikan ketegangan ancaman aksi militer AS yang akan segera terjadi di Suriah.

Indeks FTSE bergerak pada 7259.41, naik 2.27 poin atau 0,03%

Indeks DAX bergerak pada 12392.52, naik 98,55 poin atau 0,80%

Indeks CAC bergerak pada 5301.45, naik 23.51 poin atau 0,45%

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa sedikit berubah dari sesi sebelumnya selama transaksi pagi, dengan sektor-sektor dan bursa-bursa besar menunjuk ke arah yang berlawanan.

Saham-saham minyak dan gas memimpin kenaikan, naik hampir 0,5 persen di tengah ketegangan Timur Tengah yang meningkat. Kontraktor lepas pantai yang berbasis di London, Subsea 7 adalah pemain terbaik di sektor ini setelah RBC Capital Markets memperbarui rekomendasi sahamnya untuk “melakukan” dari “performa buruk”. Sahamnya lebih dari 3 persen lebih tinggi merespon berita.

Sementara itu, saham sumber daya dasar turun sekitar 0,6 persen. Imerys adalah pemain terburuk di sektor ini setelah unit AS-nya, Imerys America Talc, dan Johnson & Johnson diperintahkan untuk membayar $ 117 juta dalam kerusakan oleh pengadilan negara bagian New Jersey pada hari Rabu. Juri memerintahkan perusahaan untuk membayar ganti rugi kepada seorang pria yang mengatakan dia telah mengembangkan kanker karena paparannya terhadap asbes dalam produk-produk berbasis talek. Saham Imerys turun 3 persen pada hari Kamis.

Melihat saham individu, Carrefour merosot ke bagian bawah patokan Eropa setelah pengecer makanan Prancis melaporkan angka yang lebih lemah dari yang diantisipasi untuk kuartal pertama. Sahamnya turun hampir 5 persen, membukukan level terendah sejak Oktober 2012, setelah perusahaan menyebutkan perlambatan penjualan selama tiga bulan pertama 2018.

Sementara itu, perusahaan teknologi perjudian Inggris Playtech mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka telah setuju untuk membeli 70,6 persen saham di perusahaan taruhan dan perjudian Italia Snaitech untuk 846 juta euro ($ 1,05 miliar), menurut laporan Reuters. Langkah itu dianggap menghasilkan sebagian besar pendapatan Playtech dari pasar yang diatur. Saham saham yang terdaftar di London lebih dari 6 persen lebih tinggi pada berita.

Dalam tweet Rabu, Presiden Donald Trump mengatakan Rusia harus “bersiap-siap” agar rudal ditembakkan ke Suriah. Presiden AS muncul untuk mengejek Kremlin atas dukungannya terhadap Presiden Suriah Bashar Assad, menyusul dugaan serangan kimia di negara yang dilanda perang itu pada akhir pekan. Baik Damaskus maupun Moskow membantah bertanggung jawab. Komentar Trump meningkatkan kekhawatiran akan konflik langsung atas Suriah dengan dua kekuatan dunia yang mendukung pihak yang berseberangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang dapat tertekan dengan ketegangan geopolitik AS-Rusia.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here