Harga Emas Naik Ke Tertinggi Tujuh Minggu, Dipicu Ancaman Perang di Timur Tengah

425

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas dan perak pada penutupan pasar AS naik karena permintaan safe-haven meningkat akibat panasnya situasi di Timur Tengah, Harga emas sempat menyentuh harga tertinggi tujuh minggu sedangkan perak menyentuh harga tertinggi dua bulan.

Harga emas Juni di Comex naik $15.30 menjadi $1,361 perounce. Harga perak Mei di Comex naik $0.209 menjadi $16.805 perounce.

Analisa fundamental yang mempengaruhi adalah tentara AS memperingatkan Syria bahwa tentara AS akan melakukan penyerangan setelah mengetahui bahwa Syria memakai senjata gas beracun dan mengenai rakyat sipil. Apabila ada ancaman perang,kembali emas dipakai sebagai simpanan save-haven yang paling baik. Demikian juga angkatan udara  Arab Saudi mereka menemukan adanya pesawat asing mau menyerang kota Riyad.

Saham dunia kembali turun pada hari Rabu, sedangkan indeks saham AS dibuka dengan harga yang rendah namun kembali rebound pada siang hari.Para investor mengambil keuntungan dari tingginya harga saham pada minggu lalu, dan kekhawatiran pasar adanya perang di Timur Tengah.

Hari Rabu kemarin AS mengeluarkan Data Ekonomi CPI (Consumer Price Indeks). CPI bulan Maret turun 0.1% dari bulan Februari sama dengan perkiraan pasar.

Indeks dolar AS hari Rabu turun dan menyentuh harga terendah dua minggu, minggu ini sepertinya indeks dolar AS sedang melakukan koreksi dari harga tertinggi lima minggunya pada hari Jumat lalu. Harga minyak mentah di NYMEX naik ke tertinggi dua tahun berada diatas $67 per barel. Harga minyak Brent di London berada di sekitar $71 per barel sama seperti emas, berita perang dagang, senjata kimia Syria dan aksi militer AS terhadap Syria.

Analisa tehnikal, resistant pertama pada emas di harga tertinggi hari ini $1,369.40 dan berikut ke $1,375.50, sedangkan support pertama di $1,350 dan berikut ke terendah hari ini di  $1,342.50.

Resistant pertama untuk perak di harga tertinggi hari ini di $16.89 dan berikut ke $17.00 sedangkan support pertama di harga terendah hari ini di $16.515 dan berikut ke terendah minggu ini di $16.295.

Harga tembaga Mei di New York turun 190 point menjadi 311.75 sen, harga penutupan hari Rabu mendekati terendah hari itu, karena terjadinya profit taking setelah menyentuh harga tertinggi tiga minggu di awal pasar. Resistant pertama pada 314.75 sen dan berikut ke 317.50 sen sedangkan support pertama di 310.00 sen dan berikut ke harga terendah hari Selasa di 306.80 sen.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Loni

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here