Bursa Eropa Berakhir Naik; Saham Man Group Melonjak 8 Persen

438

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada Kamis malam karena Presiden Donald Trump mengklarifikasi posisinya di Suriah dan musim laba dimulai.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 ditutup naik 0,7 persen setelah pagi perdagangan awal mixed. Semua bursa utama dan sebagian besar sektor bisnis berada di wilayah positif.

Sektor Teknologi melonjak ke depan dalam perdagangan sore untuk ditutup sebagai sektor berkinerja terbaik, 1,4 persen di zona hijau. Perusahaan perangkat lunak Inggris, Micro Focus memimpin sektor ini dan diperdagangkan kedua pada Stoxx 600, mendorong dalam perdagangan sore untuk menutup 7,6 persen lebih tinggi.

Beberapa sektor lain, termasuk bank dan asuransi, ditutup di atas 1 persen.

Saham-saham minyak dan gas berayun lebih rendah pada transaksi sore, meskipun melayang sekitar 0,5 persen pada hari sebelumnya. Sektor ini ditutup hanya 0,18 persen lebih tinggi, meskipun harga minyak didukung oleh ketegangan geopolitik yang memburuk di Timur Tengah. Kontraktor lepas pantai yang berbasis di London, Subsea 7 adalah pemain terbaik di sektor ini setelah RBC Capital Markets memperbarui rekomendasi sahamnya untuk “melakukan” dari “performa buruk”. Sahamnya ditutup lebih dari 4,8 persen lebih tinggi.

Sebaliknya, sumber daya dasar naik dalam beberapa jam terakhir perdagangan setelah kerugian pagi, menutup 0,72 persen di zona hijau. Imerys adalah pemain terburuk di sektor ini setelah unit AS-nya, Imerys America Talc, dan Johnson & Johnson diperintahkan untuk membayar $ 117 juta dalam kerusakan oleh pengadilan negara bagian New Jersey pada hari Rabu. Juri memerintahkan perusahaan untuk membayar ganti rugi kepada seorang pria yang mengatakan dia telah mengembangkan kanker karena paparannya terhadap asbes dalam produk-produk berbasis talek. Saham Imerys ditutup 4,3 persen lebih rendah.

Sektor makanan dan minuman adalah pemain terlemah, turun sekitar 0,3 persen. Heineken Holding bernasib terburuk, mengakhiri hari 1,2 persen lebih rendah.

Melihat saham individu, hedge fund Inggris Man Group diperdagangkan di atas patokan Eropa sepanjang hari, ditutup 8 persen lebih tinggi pada berita laba. Hedge fund terdaftar terbesar di dunia mengatakan bahwa arus masuk bersih sebesar $ 4,8 miliar pada kuartal pertama tahun ini berkontribusi pada dana di bawah manajemen naik 3 persen dalam periode waktu yang sama, meskipun ada kerugian kinerja.

Sementara itu, Carrefour kandas di dekat bagian bawah indeks sepanjang perdagangan Kamis. Sahamnya ditutup turun 3,4 persen, meskipun mereka mencapai level terendah sejak Oktober 2012 pada hari sebelumnya. Pengecer makanan Prancis melaporkan angka yang lebih lemah dari yang diantisipasi untuk kuartal pertama.

Perusahaan teknologi perjudian Inggris, Playtech, mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka telah setuju untuk membeli 70,6 persen saham di perusahaan taruhan dan perjudian Italia Snaitech untuk 846 juta euro ($ 1,05 miliar), menurut laporan Reuters. Langkah itu dianggap menghasilkan sebagian besar pendapatan Playtech dari pasar yang diatur. Saham-saham yang tercatat di bursa London 5,7 persen ke atas pada akhir perdagangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang masih terancam tertekan dengan ketegangan geopolitik.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here