Emas Dunia Menguat Tipis, Emas Antam Naik ke Rp659.000 per gram

235

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas dunia beranjak menguat terbatas pada Kamis (19/4) sementara dolar juga menguat tipis oleh naiknya yields Treasury AS jangka panjang, meskipun ketegangan perdagangan AS-Cina terus menahan gain greenback.

Spot emas naik 0,1% ke level $1,351.43 per ounce pada Kamis siang WIB, sementara emas berjangka AS turun 0,1 persen menjadi $1,352 per ounce. Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang, terlihat naik tipis sekitar 0,1 persen pada 89,60.

Pinjaman bisnis yang kuat, peningkatan belanja konsumen, dan pasar tenaga kerja yang ketat menunjukkan ekonomi AS telah berada di jalur pertumbuhan berkelanjutan, demikian Federal Reserve melaporkan pada hari Rabu, dengan risiko perang dagang global merupakan satu-satunya tantangan luar yang besar.

Sementara itu, Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah setuju untuk mengintensifkan konsultasi perdagangan antara dua sekutu lama, dengan tujuan untuk memperluas investasi dan perdagangan antara kedua negaranya.

Mengutip CNBC (19/4), produsen emas dan perak Rusia Polymetal mengatakan pada hari Rabu pendapatan kuartal pertamanya naik 19 persen (yoy) menjadi $354 juta karena peningkatan produksi dan kenaikan penjualan emas.

Permintaan emas fisik dilaporkan lebih rendah dari biasanya selama musim festival utama di konsumen terbesar kedua di dunia, India, karena harga lokal yang memuncak dan kurangnya uang tunai.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa spot emas dunia memasuki lagi rentang pergerakan terbatas di harinya yang ketiga dengan oleh naik turunnya ketegangan isyu perang dagang dan serangan militer ke Suriah, sementara dollar dalam bias menguat di pasar Asia dan Eropa. Harga emas, bila terdongkrak ke atas akan menuju ke level resistant $1.356,38 dan level $1.365,63. Sedangkan, kalau lanjut tertekan, akan menuju level support di $1.306,78 dan $1.302,38.

Di dalam negeri, harga emas spot dalam rupiah menguat tipis ke Rp599.316 per gram-nya dibandingkan Rp595.294 pada perdagangan pasar sebelumnya. Sementara itu, harga emas ANTAM terpantau naik Rp1.000 ke level harga Rp659.000 per gramnya, dibandingkan harga pada Rabu kemarin di Rp658.000.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here