Bursa Eropa Berakhir Kuat Terdukung Laporan Laba Emiten Meningkat

592

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Kamis malam (26/04), terdukung laporan laba emiten yang positif

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa ditutup naik 0,9 persen, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Indeks FTSE berakhir pada 7421.43, naik 42.11 poin atau 0.57%

Indeks DAX berakhir pada 12500.47, naik 78.17 poin atau 0.63%

Indeks CAC berakhir pada 5453.58, naik 40.28 poin atau 0.74%

Saham otomotif Eropa berada di antara pemain terbaik, naik lebih dari 0,7 persen di tengah berita laba. Volkswagen Jerman melaporkan laba yang lebih lemah dari yang diantisipasi dalam tiga bulan pertama tahun 2018. Namun, peningkatan yang mengesankan dalam penjualan kendaraan selama periode yang sama mendorong saham lebih dari 2,6 persen lebih tinggi.

Saham teknologi memangkas kerugian dari awal sesi, dengan sektor ini naik 0,8 persen pada sore hari. BE Semiconductor, yang menjual peralatan untuk pembuat chip, adalah pemain sektoral terburuk. Meskipun laba perusahaan Belanda lebih kuat dari yang diantisipasi, sentimen investor tampaknya dipengaruhi oleh peringatan penjualan dari dua pemasok utama Apple pada awal pekan ini. Saham BE Semiconductor ditutup turun hampir 17 persen.

Melihat saham individu, pengilangan minyak Neste melonjak ke puncak patokan Eropa, setelah melaporkan angka kuartal pertama optimis. Saham perusahaan Finlandia itu hampir 17 persen lebih tinggi di berita.

Saham di Norwegian Air juga diperdagangkan naik tajam setelah perusahaan penerbangan mengatakan kepada CNBC bahwa “beberapa pihak” menunjukkan minat pada perusahaan. Ini terjadi setelah British Airways dan Iberia induk, IAG, membeli 4,6 persen saham di perusahaan. Maskapai penerbangan ini melaporkan kerugian kuartal pertama yang lebih besar dari perkiraan.

Philips Lighting merosot ke bagian bawah indeks setelah melaporkan kehilangan pendapatan kuartal pertama yang besar. Pembuat lampu terbesar di dunia datang di bawah ekspektasi pada semua metrik utama, kata Morgan Stanley. Sahamnya lebih dari 13 persen lebih rendah.

Sementara musim penghasilan adalah menjaga investor sibuk di seluruh pasar di seluruh dunia, topik lain yang telah mengambil ruang dalam pikiran investor adalah meningkatnya imbal hasil. Pada hari Selasa, imbal hasil treasury 10 tahun di AS mencapai 3 persen dan terus memperpanjang kenaikan pada hari Rabu.

Investor di seluruh dunia telah terpaku pada imbal hasil 10-tahun pada akhir-akhir ini, dengan kekhawatiran menjulang yang mencapai penghalang 3 persen dapat memicu reaksi dari pasar keuangan baik di AS dan internasional.

Sementara melanggar hambatan psikologis awalnya memicu reaksi negatif dari pasar pada hari Rabu, indeks telah menunjukkan tanda-tanda rebound.

Di Wall Street, saham naik di tengah serangkaian hasil kuartalan kuat dari orang-orang seperti Facebook, AMD dan Chipotle.

Bank Sentral Eropa mengumumkan keputusan kebijakan moneter pada hari Kamis. Bank mempertahankan suku bunga tidak berubah, di tengah tanda-tanda pelemahan dalam prospek pertumbuhan zona Eropa.

Sore nanti akan dirilis data Business Confidence, Consumer Confidence, Economic Sentiment April Zona Eropa yang diindikasikan melemah.

 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah jika data ekonomi terealisir melemah. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here