Apple Inc. Tunjukkan Kinerja Luar Biasa, Harga Tunjukkan Kualitas Dan Nilai

438

(Vibiznews –  Index) – Apple Inc. melaporkan pendapatan dan laba yang mengalahkan perkiraan analis dan proyeksi momentum penjualan yang berkelanjutan, menenangkan kekhawatiran tentang permintaan untuk iPhone, produk yang paling penting perusahaan.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu juga menaikkan dividennya, meluncurkan pembelian kembali saham senilai $ 100 miliar dan mengatakan penjualan layanan melonjak 31 persen.

Saham Apple naik 3 persen dalam perdagangan diperpanjang, setelah ditutup pada $ 169,10 di New York pada Selasa. Saham telah jatuh dalam beberapa pekan terakhir karena kekhawatiran tentang permintaan untuk produk unggulan iPhone X. Saham-saham para pemasok Apple juga naik menyusul laporan kinerja yang sangat memuaskan.

Itu adalah pertumbuhan tercepat dalam lebih dari dua tahun. Keuntungan dari setiap saham yang dimiliki adalah sebesar $ 2,73 per saham, demikian pernyataan perusahaan pada Selasa malam. Analis memperkirakan penjualan $ 60.9 milyar dan pendapatan per pangsa $ 2,64.

Pendapatan kuartal ketiga fiskal akan menjadi $ 51,5 miliar menjadi $ 53,5 miliar, juga berada diatas perkiraan pasar.

Harga jual rata-rata produk adalah $ 728, dibandingkan dengan ekspektasi analis $ 740. Inilah yang menyebabkan penjualan produk unggulan iPhone X dikuatirkan akan turun saat diluncurkan tahun lalu.

Namun ternyata Apple dengan mudah mencapai tujuan itu, dengan 14 persen pendapatan iPhone tumbuh dalam periode tersebut.

Apple juga menghadapi tekanan dari produk-produk dari Tiongkok, di mana beberapa konsumen menghindari iPhone mahal dan pesaing lokal seperti Oppo dan Vivo meraih pangsa pasar, namun laporan Selasa meredakan kekhawatiran ini, sementara hasil penjulan iPhone di pasar Tiongkok naik 21 persen tahun ke tahun.

Apel Chief Executive Officer, Tim Cook menyorot pertumbuhan pendapatan yang kuat dari iPhone, jasa dan perangkat dpt dipakai seperti Apple Watch. Dia tidak peduli tentang tingginya harga iPhone X. Harga akan menunjukkan kualitas dan nilai, produk yang luar biasa ini yaitu iPhone X adalah model terlaris di kuartal ini.

Bahkan ketika pertanyaan berputar tentang permintaan iPhone, Apple terus menghasilkan uang tunai, dan bisnis lain, seperti layanan dan perangkat yang dapat dipakai seperti jam tangan juga tumbuh dengan kuat.

Apple juga meningkatkan dividen kuartalan menjadi 73 sen per saham dari 63 sen .

Apple melaporkan pendapatan jasa mencapai rekor $ 9,2 miliar, dengan mudah mengalahkan perkiraan analis. The App Store, Apple Music, iCloud storage dan Apple Pay juga mencapai rekor penjualan yang luar biasa, kata Cook. Perusahaan ini memperluas penawaran ini dengan video asli dan layanan berlangganan berita. Apple mengatakan $ 50 miliar bisnis tahunan akan dicapai pada tahun 2021.

CFO mengatakan Apple sekarang memiliki 270 juta pelanggan berbayar di seluruh aplikasi dan layanannya unik mereka, naik 100 juta dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Produk-produk tersebut termasuk headphone AirPods, Apple Watch, Apple TV, dan HomePod. Cook mencatat bahwa penjualan perangkat-perangkat tersebut melonjak hampir 50 persen, tahun- dari tahun ke tahun.

Sejauh ini, HomePod telah tertinggal dari saingan seperti speaker Echo Amazon.com Inc. namun Apple mengembangkan AirPods baru dan headphone nirkabel over-the-ear.

Apple mengatakan menjual 9,1 juta iPads pada kuartal tersebut, naik dari 8,9 juta pada periode tahun lalu. Pada bulan Maret, Apple juga meluncurkan iPad senilai $ 329 iPad yang ditujukan untuk para siswa.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here