Jelang Rilis NFP ADP EUR/USD Terpaku di $1.2000

354

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan sekitar $1.2000, naik 0.10% pada perdagangan siang hari. Non-Farm Payroll Automated Data Processing (NFP ADP) yang akan segera keluar sebentar lagi, diperkirakan  akan menunjukkan kenaikan 200.000 pekerjaan. Sebelumnya, GDP zona euro muncul di 0.4% per kuartal sesuai dengan yang diperkirakan dan merefleksikan penurunan di blok matauang tunggal ini.

Pasangan EUR/USD terpaku di zona harga 1.2000, dengan usaha untuk memulihkan posisi yang dengan cepat ditolak dari 1.2031. Versi final dari PMI manufaktur Markit EU bulan April hanya memberikan sedikit dukungan terhadap matauang bersama ini, meskipun revisi ke 56.2 dari perkiraan sebelumnya sebesar 56.0. Posisi ini merupakan posisi rendah selama 13 bulan. Perkiraan pendahuluan GDP Uni Eropa kuartal pertama sesuai dengan perkiraan pasar naik 0.4%, sementara angka tahunan juga sesuai dengan yang diperkirakan sebesar 2.5%. Pengangguran di area ini tetap stabil di 8.5% di bulan Maret.

Para pemain pasar sedang “wait and see” menjelang keluarnya kebijakan moneter the Fed dan rilis data survei ADP Non-Farm Payrolls bulan April yang memberikan petunjuk terhadap laporan Non-Farm Payroll yang akan keluar pada hari Jumat.

Laporan Non-Farm Payrolls ADP dari sektor swasta ini tidak selalu berkorelasi searah dengan angka resmi yang akan keluar dua hari kemudian. Inilah yang terjadi di bulan Maret ketika ADP mempublikasikan kenaikan angka 241.000  dari posisi sektor swasta namun NFP resmi mengeluarkan angka yang  sangat mengecewakan. Meskipun kurang ada korelasi yang konsisten angka dari ADP ini selalu menjadi penggerak pasar. Kali ini di bulan April diperkirakan angka yang keluar sebanyk 194.000, turun dari angka bulan sebelumnya.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here