Straits Times Index Dari Singapura, Pemain Terbaik Se Asia, Ganti Posisi Vietnam

441

(Vibiznews – Index) – Ada banyak kompetisi yang berlangsung untuk mendapatkan kinerja terbaik diantara pasar modal Asia. Diantara indeks-indeks utama di wilayah ini, ada delapan (8) indeks yang melaju kencang selama empat bulan terakhir.

Hari ini Straits Times Index dari Singapura, berhasil mencapai rekor tertinggi, untuk tahun ini sudah naik 6,2 persen dalam nilai mata uang lokal, dan bahkan mengganti posisi VN Index dari Vietnam yang anjlok 2 persen.

Pemerintah kota Singapura juga berterimakasih kepada 3 bank besar yang telah memberikan dukungannya sehingga mencapai tingkat pertumbuhan yang paling tinggi diantara pasar modal di wilayah Asia.

Pada tanggal 30 April 2018 lalu, DBS Group Holdings Ltd, bank terbesar di Asia melaporkan kinerja keuangan kuartalan yang melewati perkiraan para analis, didukung tingkat pertumbuhan ekonomi dan tingkat suku bunga the Fed. Saingannya, United Overseas Bank Ltd dan Oversea Chinese Banking Corp juga akan melaporkan hasil kerjanya yang akan mendorong naik Straits Times Index.

Sementara indeks utama bursa saham Vietnam secara perlahan-lahan melemah setelah mencapai kenaikan sebesar 43 persen tahun lalu. VN Index anjlok sebanyak 14 persen dari rekor yang pernah dicapainya pada tanggal 9 April lalu, setelah aksi jual para investor atas saham-saham emiten yang mengalami penurunan didalam penjualan dan hasil usaha. Pasar Modal Vietnam sempat mencapai nilai transaksi sebesar $174 miliar dalam setahun, naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Dua pasar modal yang sempat berhasil mencapai capaian terbaiknya tahun ini, yaitu Filipina dan Indonesia, sekarang menjadi salah satu pasar modal dengan kinerja terburuk untuk tahun 2018. Bahkan stock indeks utama dari pasar modal Shanghai dan Shenzhen anjlok lebih dari 6 persen tahun ini.

Walaupun masih ada nada skeptik akan kemampuan indeks Straits Times untuk tetap dapat bertahan diposisinya saat ini, para analis menilai indeks ini masih bisa naik 3 sampai 4 persen lagi.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here