Bursa Eropa Berakhir Positif; Data Inflasi Menjadi Perhatian

479

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Rabu malam (02/05) terbantu hasil positif laporan laba emiten.

Indeks FTSE berakhir pada 7543.20, naik 22,84 poin atau 0,30%

Indeks DAX berakhir pada 12802.25, naik 190.14 poin atau 1.51%

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 0,6 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif. Sumber daya dasar adalah sektor berkinerja tinggi, naik hampir 2,8 persen, terdukung laporan pendapatan.

Saham teknologi termasuk yang berkinerja terbaik. Saham produsen chip Austria Microsystems dan STMicroelectronics menguat setelah Apple melaporkan laba kuartal kedua yang kuat.

Melihat di seluruh patokan, Inmarsat naik lebih dari 8 persen karena permintaan untuk Wi-Fi pada penerbangan membantu hasil kuartal pertamanya. Novo Nordisk melihat sahamnya naik lebih dari 4 persen dari pendapatan. Produsen obat mengalahkan ekspektasi di kuartal pertama.

Paddy Power Betfair merosot ke bagian bawah indeks, turun hampir 5,6 persen. Perusahaan melaporkan penurunan 6 persen dalam pendapatan untuk kuartal pertama pada pajak yang lebih tinggi di AS.

Di Brussels, Komisi Eropa mengusulkan anggaran yang lebih besar untuk realisasi segera anggota blok 27. Proposal, yang akan berlaku dari 2021 hingga 2027, bertujuan untuk memotong subsidi pertanian dan meningkatkan pengeluaran untuk penelitian dan teknologi.

Dalam hal data, PMI manufaktur zona Eropa menunjukkan sedikit perlambatan dalam aktivitas. Pembacaan akhir Maret datang pada 56,2, yang mewakili terendah 13 bulan.

Sore nanti akan dirilis data Inflation Rate Zona Eropa yang diindikasikan turun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah jika data inflasi kawasan Eropa terealisir menurun. Juga akan mencermatai laporan laba emiten dan pergerakan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here