Non Farm Payrolls AS April Naik Dibawah Perkiraan; Tingkat Pengangguran April Menurun

898

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat pengangguran AS April turun menjadi 3,9 persen pada April, 18 tahun terendah, bahkan ketika laporan Non Farm Payrolls April AS naik hanya 164.000, menurut laporan dari Biro Statistik Tenaga Kerja pada Jumat (04/05).

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pertumbuhan gaji 192.000 dan tingkat pengangguran turun satu sepersepuluh persen menjadi 4,0 persen. Penghitungan pekerjaan resmi awalnya menunjukkan peningkatan hanya 103.000 pada bulan Maret.

Laporan ini dilengkapi dengan penciptaan lapangan kerja hingga awal terbaiknya dalam lima tahun selama kuartal pertama.

Pasar telah mengamati angka-angka ketenagakerjaan sebanyak untuk tanda-tanda inflasi upah sebagai untuk laju perolehan pekerjaan. Penghasilan per jam rata-rata telah meningkat pada sekitar 2,7 persen kecepatan, yang berada di atas kecepatan pemulihan tetapi masih kurang dari yang ditargetkan pejabat Federal Reserve.

Bank sentral juga melihat lebih dekat pada data. Pejabat Fed telah mengindikasikan bahwa mereka cenderung menaikkan suku bunga sebanyak tiga kali pada 2018, meskipun laju inflasi upah yang lebih cepat dapat membuat kebijakan lebih agresif terjadi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here