Bank of England Pertahankan Suku Bunga Tetap

634

(Vibiznews – Economy & Business) Bank of England (BOE) mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Kamis (10/05), setelah penurunan pertumbuhan ekonomi kuartal pertama menahan kesempatan untuk biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Keputusan bank sentral muncul untuk menandai perubahan pemikiran untuk Gubernur BOE Mark Carney.

Pada awal tahun, Gubernur BOE Mark Carney telah menyerukan suku bunga untuk dinaikkan “agak lebih awal” dan “dengan tingkat yang agak lebih besar” daripada kira-kira dua setengah kenaikan yang sudah masuk ke pasar selama tiga tahun ke depan.

Namun, dalam tinjauan Komite Kebijakan Moneter (MPC) ketiga tahun ini, bank sentral Inggris mempertahankan suku bunga acuan pada tingkat 0,5 persen saat ini di tengah data ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan.

Perekonomian Inggris hampir tidak tumbuh pada kuartal pertama tahun ini. Produk domestik bruto (PDB) Inggris masuk pada 0,1 persen kuartal ke kuartal, di bawah konsensus 0,4 persen dan perkiraan BOE sendiri sebesar 0,3 persen.

Hampir semua pengukur ekonomi Inggris telah lebih lemah dari yang diantisipasi — akhirnya menunda langkah untuk menaikkan suku ke level tertinggi pasca krisis keuangan 0,75 persen.

Setelah bergabung dengan BOE pada tahun 2013, proyeksi Carney untuk suku bunga sering tergelincir oleh kejutan dalam perekonomian.

Pembuat kebijakan Ian McCafferty dan Michael Saunders telah memilih mendukung kenaikan suku bunga pada bulan Maret, mengatakan kondisi ekonomi sedemikian rupa sehingga sekarang waktunya untuk menaikkan suku hanya untuk kedua kalinya sejak 2007.

Meskipun ada peningkatan global yang luas, pertumbuhan ekonomi Inggris masih tertinggal di belakang mitra dagang utamanya. Ketakutan tetap bahwa politik domestik dan ketidakpastian atas hasil Brexit masih bisa menghambat penggabungan kembali pertumbuhan global yang lebih cepat ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here