Bursa Eropa Akhir Pekan Berakhir Mixed

573

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa mengakhiri pekan ini lebih tinggi, mengamankan kenaikan beruntun terpanjang dalam tiga tahun terakhir.

Indeks FTSE berakhr pada 7724.55, naik 23,58 poin atau 0,31%

Indeks DAX berakhir pada 13001.24, turun -21.63 poin atau -0.17%

Indeks CAC berakhir pada 5541.94, turun -4.01 poin atau -0.07%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 berakhir 0,38 persen lebih tinggi di akhir pekan dengan berbagai sektor bergerak dalam arah yang berlawanan.

Sumber daya dasar memimpin kenaikan, naik 1,7 persen, pada pendapatan. Produsen baja terbesar di dunia ArcelorMittal melonjak 2,3 persen setelah mengalahkan ekspektasi kuartal pertama.

Melihat saham individu, saham Sika berakhir naik 8,33 persen, menempatkan di antara perusahaan-perusahaan berkinerja terbaik di seluruh Eropa. Ini setelah berita bahwa perusahaan suku cadang mobil membuat kesepakatan dengan Saint-Gobain untuk mengakhiri sengketa hukum.

Saham Daily Mail General Group telah diperdagangkan lebih tinggi Jumat, ditutup naik 1,34 persen. Sahamnya melonjak menyusul berita bahwa portal properti Zoopla telah setuju untuk dibeli oleh Silver Lake. The Daily Mail memiliki saham besar di perusahaan properti Inggris Raya. Kesepakatan itu juga mendorong lebih tinggi saham perusahaan properti Inggris lainnya, termasuk Rightmove, yang melonjak 3,8 persen.

Sementara itu, harga minyak telah turun sedikit setelah kenaikan berturut-turut. Pada perdagangan sore di Eropa, Brent melayang di sekitar $ 77,25 per barel, sementara minyak mentah AS duduk di sekitar tanda $ 71,01.

Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi berbicara kepada hadirin di Florence, Italia, pada sore hari. Pasar tetap bergeming oleh seruannya untuk meningkatkan kekuatan fiskal untuk zona Eropa.

Analyst Vibiz Research Center akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, mengingat belum adanya data ekonomi penggerak dan juga sentimen yang mempengaruhi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here