Nikkei Naik 0,4 Persen, Yen Angkat Saham Eksportir

953

(Vibiznews – Index) – Indeks saham Nikkei Jepang naik ke tertinggi tiga setengah bulan pada hari Jumat dan mencetak delapan kenaikan mingguan setelah lemahnya yen mengangkat eksportir, sementara saham keuangan memperpanjang rally mereka sebagai imbal hasil obligasi AS yang tetap tinggi.

Indeks Nikkei naik 0,4 persen menjadi 22,930.36, level penutupan tertinggi sejak Februari lalu. Indeks acuan ini telah naik 0,8 persen setiap minggu untuk menandai keuntungan mingguan kedelapan, kemenangan beruntun terpanjang sejak sembilan minggu yang pernah dicapai di antara September dan November lalu.

Dolar naik ke level terkuat sejak 23 Januari melawan yen, memukul 111,00 sebelumnya.

Namun analis mengatakan bahwa perdagangan tipis di hari Jumat dan keuntungan minimal yang dicapai menunjukkan reli dapat berhenti. Perdagangan tipis, dengan hanya 1,3 miliar saham berpindah tangan di papan utama, level terendah sejak awal April.

Topix yang lebih luas naik 0,4 persen menjadi 1,815.25.

Pelemahan yen membantu eksportir dengan TDK Corp melonjak 2,9 persen, Nissan Motor naik 0,8 persen dan Honda Motor melonjak 1,3 persen.

Keuangan seperti asuransi maju, dengan T & D Holdings naik 2,3 persen dan Dai-ichi Hidup Holdings menambahkan 1,2 persen, setelah imbal hasil Treasury AS 10-tahun naik ke puncak dekat tujuh tahun pada hari Kamis, memperpanjang aksi jual pasar obligasi minggu ini.

Di tempat lain, PeptiDream melonjak 3,0 persen setelah perusahaan riset farmasi ini mengatakan bahwa perusahaan ini akan menyelesaikan transfer teknologi peptida penemuan eksklusif untuk Shionogi & Co Ltd

Namun analis mengatakan bahwa perdagangan tipis hari Jumat dan keuntungan minimal menunjukkan reli dapat berhenti.

Perdagangan tipis, dengan hanya 1,3 miliar saham berpindah tangan di papan utama, level terendah sejak awal April.

Topix yang lebih luas naik 0,4 persen menjadi 1,815.25.

Para pelaku pasar juga tetap gelisah tentang AS – Ketegangan perdagangan China setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan ekonomi terbesar kedua di dunia itu “menjadi sangat dimanja oleh perdagangan”.

Pelemahan yen membantu eksportir dengan TDK Corp melonjak 2,9 persen, Nissan Motor naik 0,8 persen dan Honda Motor melonjak 1,3 persen.

Keuangan seperti asuransi maju, dengan T & D Holdings naik 2,3 persen dan Dai-ichi Hidup Holdings menambahkan 1,2 persen, setelah AS 10-tahun Treasury yield naik ke puncak dekat tujuh tahun pada hari Kamis, memperpanjang aksi jual pasar obligasi minggu ini.

Di tempat lain, PeptiDream melonjak 3,0 persen setelah perusahaan riset farmasi mengatakan bahwa itu menyelesaikan transfer teknologi peptida penemuan eksklusif untuk Shionogi & Co Ltd.

Selasti Panjaitan/VM/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here