Harga Biji-Bijian Naik Pada Penutupan Pasar Minggu Ini, Dipicu Cuaca Buruk di Area Perkebunan

899

(Vibiznews – Commodity) – Pada akhir minggu ini semua harga biji-bijian mengalami kenaikan dipicu oleh cuaca yang buru

(Vibiznews – Commodity) – Pada penutupan pasar akhir minggu ini harga biji-bijian mengalami kenaikan karena faktor cuaca buruk masih mempengaruhi hasil panen di ladang-ladang gandum besar di AS maupun Amerika Selatan.

Harga gandum Juli naik untuk di empat sesi pada minggu ini dan harga gandum Juli di CBOT ditutup naik 6 sen menjadi $4.98 perbushel.

Faktor utama yang menggerakkan kenaikan harga gandum sampai ke tertinggi $5.4 pada bulan lalu adalah cuaca yang kering dan panas di ladang gandum sempat hujan di akhir minggu yang menguntungkan bagi tanaman gandum.

Harga jagung Juli di CBOT naik 5 sen menjadi $3.96 per bushel pada hari Jumat, hampir 80% dari perkebunan jagung tidak mengalami cuaca buruk terutama di daerah perkebunan di sebelah timur AS, namun yang bisa mempengaruh adalah hasil pertemuan dagang yang akan dilakukan oleh AS dan Cina, kalau perjanjian ini diumumkan sangat mempengaruhi ekspor jagung AS ke Cina.

Harga kedelai Juli di CBOT naik 3 sen menjadi $9.94 perbushel pada penutupan hari Jumat. Kenaikan harga kedelai pada minggu ini diperkirakan hanya sementara karena terlihat adanya pembelian sebesar 132,000 metrik ton. Harga kedelai mengalami penurunan di bawah $10 pada bulan Mei lalu karena Cina membatalkan transaksi 829,000 metrik ton dengan AS, sehingga persediaan kedelai di AS meningkat dan kedelai persediaan lama dijual di negara-negara Amerika Selatan sehingga banyak pembeli kedelai AS beralih ke Argentina, Brazil dan lain-lain, hal ini masih akan berlanjut kalau hasil pertemuan dagang AS dan Cina tidak berhasil.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Loni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here