Bursa Wall Street Ditutup Positif Pasca Ditundanya Perang Dagang AS-China

583

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Selasa dinihari (22/05) terdukung meredanya ketegangan perdagangan antara AS dan China dan berita kesepakatan kerjasama beberapa perusahaan.

Indeks Dow Jones melonjak 298,20 poin menjadi 25.013,29. Boeing, Caterpillar, dan United Technologies, eksportir besar yang kemungkinan mendapat keuntungan dari meredanya ketegangan perdagangan, adalah saham berkinerja terbaik dalam indeks. Senin juga menandai pertama kalinya sejak pertengahan Maret bahwa Dow ditutup di atas 25.000.

Indeks S & P 500 naik 0,7 persen dan ditutup pada 2,733.01 karena industri melompat 1,5 persen.

Indeks Komposit Nasdaq naik 0,5 persen menjadi 7.394,04 karena semikonduktor mendorong teknologi lebih tinggi.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan selama akhir pekan prospek perang dagang tertunda menyusul kesepakatan untuk menangguhkan pengenaan tarif.

Pada hari Sabtu, para perunding dari dua ekonomi terbesar dunia mengatakan mereka akan terus berbicara tentang langkah-langkah di mana Beijing akan mengimpor lebih banyak energi dan komoditas pertanian dari AS dalam upaya untuk menjembatani defisit perdagangan barang dan jasa AS senilai US $ 335 miliar dengan China.

Mnuchin mengatakan kepada CNBC pada hari Senin bahwa AS telah membuat kemajuan yang sangat berarti dengan China dalam masalah perdagangan.

Trump menyebutkan kesepakatan dalam tweeetnya : “China telah setuju untuk membeli sejumlah besar TAMBAHAN Pertanian / Hasil Pertanian – akan menjadi salah satu hal terbaik yang terjadi pada petani kami dalam bertahun-tahun!”

Wall Street juga mendapat dorongan pada Senin di tengah banyaknya berita kesepakatan.

General Electric akan menggabungkan bisnis transportasi dengan Wabtec – pembuat peralatan kereta api – dalam kesepakatan senilai $ 11,1 miliar. Saham GE naik 2 persen.

Sementara itu, Fifth Third Bancorp setuju untuk membeli MB Financial senilai $ 4,7 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Saham MB Financial melonjak 12,9 persen.

Di tempat lain dalam berita perusahaan, Micron melonjak 3,3 persen setelah perusahaan menaikkan panduannya karena industri semikonduktor “sehat”.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif pasca penundaan perang dagang AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here