Penjualan SBR 003 Online Laris Tembus Rp 1 Miliar

425

(Vibiznews – Bonds & Mutual Fund) – Ternyata penjualan SBR 003 cukup diminati masyarakat. Dua hari sebelum masa penawaran berakhir, penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online yang dilakukan pemerintah melalui Saving Bond Ritel seri SBR003 akhirnya melampaui target indikatif Rp 1 triliun.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemkeu) Loto Srinaita Ginting mengatakan, hingga pukul 10.58 WIB hari ini, Rabu (23/5), pembelian SBR003 tercatat mencapai Rp 1,07 miliar (completed order). “Jadi sudah tembus Rp 1 triliun,” demikian ungkap ibu Loto Ginting.

Menurut ibu  Loto, hal ini merupakan pencapaian awal yang baik untuk SBN ritel online ke depan. Sebab, dalam tahap edukasi pembelian obligasi ritel pemerintah secara online, penjualan ini bisa menembus target indikatif.

Melihat kondisi ini, kemenkeu tetap membuka penawaran hingga akhir masa penawaran pada Jumat (25/5) nanti. Dengan demikian, calon investor masih tetap bisa bertransaksi hingga masa penawaran berakhir.

Untuk diketahui, pemerintah menetapkan kupon SBR003 sebesar 6,8% per tahun yang juga merupakan kupon mengambang dengan kupon minimal (floating with floor) dan bertenor dua tahun. Kupon ini berlaku selama tiga bulan pertama. Setelahnya, kupon akan disesuaikan setiap tiga bulan berdasarkan bunga acuan BI (BI 7-day Reverse Repo Rate) dan spread 2,55%.

Persyaratan lainnya adalah pembelian minimum SBR003 sebesar Rp 1 juta per pemesanan dan kelipatannya serta maksimal Rp 3 miliar.

Sementara untuk fasilitas early redemption dilakukan satu kali setelah 12 bulan dengan minimal holding 50% dan minimal pemesanan untuk early redemptionRp 2 juta per pemesanan dengan kelipatan Rp 1 juta.

 

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here