Bursa Eropa Ditutup Negatif Setelah Trump Batalkan Pertemuan Dengan Kim Jong Un

467

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa ditutup lebih rendah pada Kamis malam setelah Presiden AS Donald Trump membatalkan pertemuan puncak dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Indeks FTSE berakhir pada 7716.74, turun -71.70 poin atau -0.92%

Indeks DAX berakhir pada 12855.09, turun -121.75 poinatau -0.94%

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa ditutup lebih rendah 0,5 persen setelah perdagangan datar untuk sebagian besar sesi.

Trump telah menulis surat kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang mengatakan bahwa rencana pertemuan mereka bulan depan dibatalkan. Pertemuan yang akan menandai pertemuan tatap muka pertama antara presiden AS dan pemimpin Korea Utara, ditetapkan pada 12 Juni di Singapura.

Saham otomotif Eropa memimpin penurunan, turun lebih dari 1,8 persen menyusul pengumuman dari AS bahwa pihaknya berencana untuk menyelidiki apakah “penyalahgunaan taktik perdagangan” dalam mobil dapat membahayakan ekonomi terbesar di dunia. Langkah mengejutkan itu tampaknya memperburuk kekhawatiran muatan global baru. Porsche, Daimler dan BMW masing-masing merosot 3,02, 2,77 dan 1,69 persen lebih rendah.

Saham Food & Beverages adalah pemain terbaik Kamis, naik 0,83 persen.

Melihat saham individu, Electrocomponents melonjak ke puncak indeks karena melaporkan kenaikan 32 persen laba sebelum pajak setahun penuh pada hari Kamis. Saham yang terdaftar di London ini juga mengumumkan telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi perusahaan outsourcing IESA untuk sekitar £ 88 juta ($ 117,5 juta). Saham Electrocomponents naik 16 persen lebih tinggi.

Perusahaan makanan Swiss Aryzta merosot ke bagian bawah patokan Eropa di tengah berita pendapatan. Perusahaan melaporkan penurunan 17 persen pada pendapatan kuartal ketiga pada hari Kamis dan memangkas prospek pendapatan untuk kedua kalinya tahun fiskal ini. Sahamnya turun 26 persen lebih rendah.

Sementara itu, menambah sentimen investor, Trump mengatakan Rabu bahwa perselisihan perdagangan yang sedang berlangsung antara Washington dan Beijing akan membutuhkan “struktur yang berbeda.” Sebagai tanggapan, Kementerian Perdagangan China mengatakan Kamis bahwa pihaknya tidak berjanji untuk memangkas surplus perdagangannya dengan AS dengan angka tertentu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah masih terpengaruh sentimen berita pembatalan pertemuan AS-Korea Utara, kecuali ada sentimen berita positif yang terjadi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here