Pasar Global Mulai Stabil, Dibayangi Konflik Italia

665

(Vibiznews – Index) – Saham dunia mulai bergerak stabil dan dolar kembali naik pada hari Jumat setelah goyangan yang disebabkan oleh keputusan Presiden AS Donald Trump untuk membatalkan pertemuan puncak dengan Korea Utara, dan risiko politik yang menempatkan pasar Italia di jalur kerugian mingguan besar.

Pasar agak tertekan oleh respon yang diukur oleh Pyongyang terhadap pengumuman Trump, dengan Wakil Menteri Luar Negeri Kim Kye Gwan menyatakan harapan untuk “formula Trump” untuk menyelesaikan kebuntuan atas program nuklirnya.

Indeks ekuitas MSCI Global bergerak datar setelah tiga hari kerugian yang menempatkannya di jalur untuk minggu kedua berturut-turut di zona merah, sementara ekuitas Asia non-Jepang berhasil naik 0,1 persen.

Indeks Seoul memangkas jatuh hampir satu persen untuk diperdagangkan turun 0,2 persen dan won Korea juga menguat 0,3 persen terhadap dolar.

Saham Eropa dibuka menguat tetapi dibayangi tekanan oleh kekhawatiran akan kondisi politik di Italia.

Saham Italia, turun 0,3 persen dan ditetapkan untuk kerugian minggu ketiga berturut-turut

Saham produsen mobil Eropa yang jatuh berat setelah Trump memunculkan kemungkinan kenaikan tarif pada mobil impor, memantul setelah komentar itu mengundang kritik dari kelompok bisnis AS dan anggota partainya sendiri.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here