Saham Eropa Ditutup Melemah Jelang Pemilu Italia

407

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa ditutup melemah setelah mengalami penguatan pada pembukaan pasar, sementara dan imbal hasil obligasi mulai pulih dari posisi terendah menjelang pemilu di Italia.

Di awal sesi Eropa, euro, utang pemerintah Italia dan indeks saham FTSE MIB, semuanya naik, namun kemudia tertekan dan ditutup turun.

Saham Eropa diperdagangkan datar pada hari ini dan imbal hasil obligasi Italia naik 3 poin karena kekhawatiran pemilihan baru dapat berubah menjadi perdebatan tentang keanggotaan Italia di MEE.

Imbal hasil obligasi 10-tahun Italia telah turun 10 basis poin menjadi 2,35 persen pada awal perdagangan, datang dari tertinggi satu tahun, namun investor dengan cepat membukukan keuntungan, mendorong imbal hasil naik 3 basis poin pada hari itu.

Indeks FTSE MIB Italia berbalik negatif pada hari setelah naik 1,4 persen sebelumnya karena saham keuangan dan utilitas melonjak.

Indeks saham Eropa, STOXX 600, dan DAX Jerman bergerak datar pada hari. Indeks utama MSCI yang mencakup Eropa, turun 0,1 persen sementara rekan di Asia naik 0,4 persen setelah turunnya harga minyak dari rekor tertinggi.

Presiden Italia Sergio Mattarella diperkirakan akan meminta mantan pejabat Dana Moneter Internasional Carlo Cottarelli pada hari Senin untuk memimpin pemerintahan sementara. Dia akan bertemu Cottarelli pada 11:30 am (09:30 GMT) pada hari Senin, kata seorang pejabat.

Sementara itu, dipasar mata uang, euro awalnya menguat 0,6 persen menjadi $ 1,1728, menarik diri di atas posisi terendah 6 1/2-bulan, tapi menuju kembali ke posisi terendah hari itu untuk perdagangan hanya 0,1 persen lebih tinggi pada $ 1,1655.

Mata uang tunggaleuro menguat 0,8 persen terhadap franc Swiss, rebound dari posisi terendah tiga bulan untuk diperdagangkan pada 1,1629, tetapi juga menyerah banyak setelah itu.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here