Saham Eropa Ditutup Naik, Isu Tarif Baru AS Tekan Saham Industri Mobil Eropa

383

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa naik lebih tinggi pada Kamis, karena investor menunggu tanda-tanda resolusi krisis politik Italia dan kekhawatiran perang perdagangan yang akan membebani mobil Jerman.

Indeks perbankan Italia, yang turun tajam di bagian pertama pekan ini, memperpanjang kenaikan kemarin dengan kenaikan 1,6 persen.

Indeks STOXX 600-Eropa pan naik 0,2 persen namun DAX Jerman turun 0,2 persen karena pembuat mobil Volkswagen dan Daimler kehilangan 1,1 dan 0,8 persen masing-masing setelah sebuah laporan Presiden Trump ingin memblokir mobil mewah Jerman dari pasar AS.

Ketegangan perdagangan antara Eropa dan Washington mengancam akan meluas karena yang terakhir bersiap untuk mengumumkan rencana untuk tarif impor baja dan aluminium UE.

Menteri Keuangan Prancis mengatakan Uni Eropa akan mengambil “semua langkah yang diperlukan” untuk merespon jika Washington mengenakan tarif baru atas pengiriman mobil-mobil Eropa ke AS.

CRH diposting kinerja terbaik dari STOXX 600, naik hampir 5 persen setelah kelompok bahan bangunan Irlandia ini mengumumkan akan merampingkan beberapa kekuatan bisnis mereka di Eropa dan Amerika dengan melakukan penggabungan bisnis, dalam sebuah langkah untuk meningkatkan margin keuntungan.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here