Sektor Perbankan Dorong Kenaikan Saham Eropa

318

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa melanjutkan penguatannya pada hari Senin berkat menguatkan saham-saham perbankan setelah seminggu ketegangan politik di Italia dan Spanyol dan gesekan antara AS dan sekutunya atas kebijakan perdagangan.

Kekhawatiran investor atas konflik perdagangan dibayangi oleh data pekerjaan AS yang sangat kuat pada hari Jumat. Eropa STOXX 600 menguat setelah penutupan pasar Asia, naik 0,6 persen sementara DAX Jerman naik 0,8 persen.

Dealmaking telah menjadi tren utama di pasar ekuitas global tahun ini, dengan yang paling aktif untuk transaksi, membantu FTSE 100 mulai mengungguli saham zona euro.

Sektor perbankan melonjak 1,2 persen, yang menjadi dorongan terkuat untuk kenaikan bursa saham Eropa, karena banyaknya aktivitas pengambilalihan dan data ekonomi yang lebih kuat.

Saham Unicredit naik 3,5 persen dan Societe Generale naik 2,6 persen setelah Financial Times melaporkan keduanya sedang menjajaki merger.

Namun para analis mengindikasikan bahwa spekulasi tentang kesepakatan telah berlangsung, namun hambatan regulasi menjadi tantangan besar.

Latar belakang politik dan peraturan tetap merupakan rintangan penting untuk memberikan kesepakatan yang menarik.

Pemberi pinjaman Inggris CYBG naik 3,2 persen setelah menaikkan penawaran untuk bank penantang Virgin Money sebesar 7 persen.

Di luar sektor keuangan, Air France menduduki puncak dari antara saham-saham yang tergabung dalam indeks STOXX, dengan kenaikan 5,3 persen setelah Accor Hotels mengatakan sedang mempertimbangkan untuk mengambil saham di perusahaan penerbangan itu.

IBEX Spanyol naik 1,3 persen sementara Italia FTSE MIB naik 0,6 persen.
Saham Deutsche Bank naik 1,7 persen pada hari kedua setelah mereka berhasil keluar dari rekor terendah pada hari Kamis.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here