China Berupaya Membuat Yuan Go Global

443

(Vibiznews – Forex) – Setelah lebih dari dua tahun menggunakan back-burner, ada tanda-tanda bahwa China sekali lagi fokus pada upaya untuk meningkatkan status yuan dalam keuangan global.

Sejak Mei, inisiatif dari bank sentral dan pemerintah sudah termasuk:

  • Memulai operasi penuh dari fase baru dari sistem pembayaran internasional, memperpanjang jam operasinya
  • Mempermudah para kreditur luar negeri untuk meminjam yuan, untuk membantu memfasilitasi investasi asing dalam obligasi dan saham domestik
  • Menandakan dimulainya kembali program untuk investor dalam negeri untuk membeli aset offshore dengan yuan yang sudah ada sejak tahun 2015

Yuan meraih rekor 2,8 persen potongan pembayaran global tiga tahun lalu, sebelum tindakan keras pada arus keluar setelah devaluasi 2015, melihat angka itu menyusut menjadi 1,7 persen pada bulan April. Hari-hari ini – dengan cadangan devisa China meningkat dan volatilitas tetap rendah – pejabat memiliki pandangan untuk memfokuskan kembali pada upaya Presiden Xi Jinping untuk peran Cina yang lebih besar dalam keuangan global.

Menurut Ji Tianhe, ahli strategi suku bunga China dan valuta asing di BNP Paribas SA, “ Pasti akan ada lebih banyak pemanfaatan dari mata uang dalam transfer lintas batas tahun ini. Nilai tukar akan lebih dipengaruhi oleh pasar keuangan global. Investor asing juga akan menjadi penggerak yang lebih penting untuk obligasi domestic.”

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here