Bursa Eropa Maju, DAX Jerman Raih Untung, Kekuatiran Akan Italia Mereda

441

(Vibiznews – Index) – STOXX 600 naik 0,1% pada 9:11 GMT sementara bursa saham Italia memimpin kerugian karena kekhawatiran akan besarnya pengeluaran yang akan dilakukan oleh pemerintah baru. DAX Jerman menguat 0,4 persen.

Saham Italia sempat turun sampai 0,8 persen dan memperpanjang penurunan mereka dari sesi sebelumnya.

Demikian juga komentar optimis dari kepala ekonom ECB menjelang pertemuan bank sentral minggu depan juga membebani aset Italia.

Saham-saham perbankan Italia juga melanjutkan pelemahannya dengan saham di Intesa Sanpaolo, UniCredit dan UBI Banca turun lagi, dari 2,6 menjadi 3,1 persen.

Sektor ini mengalami tekanan pekan lalu ketika Italia berjuang untuk membentuk pemerintahan.

Saham-saham teknologi naik mencapai tertinggi 17 tahun, naik 0,7 persen, bergabung dalam reli global yang diperlihatkan oleh indeks Nasdaq AS yang berakhir rekor pada penutupannya.

Di antara saham individu, RPC adalah saham dengan kinerja terburuk, jatuh lebih dari 15 persen setelah pemimpin perusahaan kemasan plastik itu mengatakan ingin menjual asset perusahaan.

Masih di sektor perusahaan sektor kemasan, saham Smurfit Kappa pulih sebagian dari kerugian yang diderita kemarin, hari ini naik 3,2 persen.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here